androidvodic.com

Ratusan Personel Gabungan Diterjunkan Jelang UCI MTB Eliminator 2024 dan Puncak HUT Ke-67 Kalteng - News

Ratusan Personel Gabungan Diterjunkan Jelang UCI MTB Eliminator 2024 dan Puncak HUT Ke-67 Kalteng

Laporan Wartawan News, Alfarizy AF

News, PALANGKA RAYA - Dua agenda besar akan berlangsung dalam waktu yang beririsan di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Dua agenda besar itu adalah ajang balap sepeda gunung dunia, UCI MTB Eliminator dan perayaan HUT ke-67 Provinsi Kalimantan Tengah.

Puncak gelaran UCI MTB Eliminator 2024 akan tersaji Minggu (19/5/2024). Sementara perayaan HUT Kalteng berlangsung sejak 18 sampai 24 Mei mendatang.

Dit Pamobvit Polda Kalteng, Kombes Pol. Elijas Hendra, mengatakan jika pihak pengamanan telah siap mengawal dua acara tersebut.

"Jadi kami dari Polda Kalimantan Tengah sebagai pihak pengamanan bersama TNI dan Satpol PP, serta Panitia, menyampaikan kepada pemirsa bahwa dari segi keamanan sudah 100 persen siap," ujar Elijas Hendra, di Sirkuit SG 1973, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat (17/5/2024).

Demi mengamankan dan mendukung dua hajat akbar tersebut, Elijas Hendra, mengatakan bahwa setidaknya ada 600 personel gabungan dari Polri, TNI dan Satpol PP, yang diterjunkan.

Elijas Hendra pun berharap jika kedua agenda besar di Kota Palangka Raya tersebut bisa berjalan lancar dan lebih meriah dari edisi sebelumnya.

"Untuk jumlah personel yang kami turunkan, baik dari TNI kemudian Polri dan Satpol PP itu kurang lebih sekitar 600 orang," ungkap Elijas.

"Saya harapkan kegiatan yang ada disini bisa berjalan dengan lancar, karena terus terang ini acara dua tapi berdekatan. Jadi mudah-mudahan besok itu penontonnya lebih banyak dari tahun kemarin karena seluruh kabupaten sekarang sedang terfokus di Palangka Raya itu," imbuhnya.

Diketahui sebelumnya, Polda Kalteng juga telah melakukan risk assessment, untuk memastikan aspek keselamatan dan pengamanan dalam UCI MTB Eliminator 2024.

Seperti diketahui, ajang balap sepeda gunung di Palangka Raya kali ini menjadi seri ketiga dalam delapan seri yang dipertandingkan tahun ini oleh UCI.

Menurut informasi terakhir yang didapatkan, akan ada sekira 50 peserta dari mancanegara yang didominasi atlet Eropa.

"Kami sudah melaksanakan risk assessment, kemudian tadi juga sudah kami laksanakan pengecekan di sirkuit, kami mengecek dimana tempat-tempat rawan dan dari situ sudah kami siapkan bagaimana jalur evakuasi," tutur Elijas.

"Kemudian berapa ambulans yang harus dipersiapkan oleh panitia sudah kami cek semua dan saya jamin mudah-mudahan jika tidak ada halangan bisa kami laksanakan UCI 2024 dengan sukses," tegasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat