androidvodic.com

Cuma Valentino Rossi yang Kebal Mitos 2 Juni Balapan MotoGP Italia di Sirkuit Mugello - News

News - Ada sebuah fakta menarik yang menghiasi hasil balapan MotoGP Italia 2024 di Sirkuit Mugello. Mitos balapan MotoGP 2 Juni di Sirkuit Mugello tak pernah berpihak kepada pembalap pole position non-Italia.

Balapan MotoGP Italia 2024 di Sirkuit Mugello menempatkan pembalap tuan rumah dari Ducati Lenovo Team, Francesco 'Pecco' Bagnaia sebagai pemenang.

Pecco Bagnaia finis di P1 mengalahkan Enea Bastianini (Ducati Lenovo Team) dan Jorge Martin (Pramac Ducati) di posisi 2-3.

Penalti turun tiga grid saat start balapan, faktanya tak bisa membendung performa impresif pembalap bernomor 1 itu. Pecco Bagnaia memulai balapan dari P5, mampu meraih kemenangan sekaligus menjadi yang ketiga beruntun di Mugello.

Valentino Rossi (kedua kiri atas) bersama para muridnya lulusa Akademi VR46 yang berlaga di MotoGP
Valentino Rossi (kedua kiri atas) bersama para muridnya lulusa Akademi VR46 yang berlaga di MotoGP (Instagram @valeyellow46)

Sedangkan Jorge Martin berstatus polesitter, malah tidak mampu memanfaatkan momentum untuk meraih 25 poin.

Hanya saja ada mitos berdasarkan pola balapan MotoGP Italia yang digelar tanggal 2 Juni.

Tercatat sejak MotoGP era 4-Tak dimulai tahun 2002, Grand Prix Italia 2 Juni berlangsung empat kali di Mugello. Tepatnya pada musim 2002, 2013, 2019 dan 2024.

Pun secara historical, ada alasan mengapa balapan MotoGP Italia 2024 berlangsung di awal bulan Juni. Tanggal 2 Juni bagi masyarakat Italia merupakan hari besar yang dikenal dengan Festa della Repubblica Italiana.

Tak heran setiap kali balapan di Italia, selalu ada parade pameran jet tempur setiap kali main race di Sirkuit Mugello akan dimulai.

Lantas apa mitos 2 Juni balapan MotoGP di Sirukit Mugello? Faktanya hanya satu polesitter alias pembalap yang memulai balapan dari P1, mampu mengkonversikan menjadi kemenangan.

Dirangkum dari laman resmi MotoGP, dari empat kali balapan MotoGP Italia pada 2 Juni, hanya rider Italia saja yang mampu mengawinkan pole position + podium kemenangan di akhir balapan.

Baca juga: Tandem Titisan Marc Marquez Pertaruhkan Nasibnya di MotoGP 2024 yang Terancam Terdepak

Dan pembalap itu tak lain adalah Valentino Rossi, yang juga dikenal sebagai empunya lintasan dengan 15 tikungan itu.

MotoGP Italia yang digelar tepat tanggal 2 Juni di musim 2002 dengan pembalap Italia Valentino Rossi yang pole position. Hasil MotoGP Italia 2002 sukses disikat The Doctor, julukanValentino Rossi.

Kemudian di Grand Prix Italia 2 Juni 2013, Jorge Lorenzo lah yang memetik kemenangan, padahal Dani Pedrosa menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat