androidvodic.com

Soal Tudingan Renovasi JIS Berbau Politis, Erick Thohir: Biarin Saja, Saya Enggak Mau Pusing - News

Soal Tudingan Renovasi JIS Berbau Politis, Erick Thohir: Biarin Saja, Saya Enggak Mau Pusing

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyayangkan adanya presepsi politik dalam rencana pemerintah merenovasi Jakarta International Stadium (JIS).

Stadion JIS dilaporkan masuk dalam daftar stadion yang diajukan untuk menyelenggarakan laga Piala Dunia U-17 2023 yang dijadwalkan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023 tersebut.

Lantaran itu, JIS mesti memenuhi standar dan aturan FIFA untuk bisa menjadi venue Piala Dunia U-17 2023.

Baca juga: Polemik Renovasi JIS, Erick Thohir: Standar Internasional dan Standar FIFA Berbeda

Baca juga: Benarkah Rumput JIS Tidak Sesuai Standar FIFA? Yang Dicek Pejabat Bukan Rumput Lapangan Utama?

Erick Thohir manilai, persepsi soal stadion JIS yang lebih megah namun tidak lolos standar FIFA perlu diluruskan.

“Karena FIFA akan lihat kualitas dari pada lapangan dan akses keselamatan dari pada suporter, dan pemisahan pintu masuk yang namanya pemain, media, penonton dan lain-lain itu lho,” tutur Erick ditemui di Menara Kompas, Jakarta Pusat, Rabu (5/7/2023).

Menteri BUMN ini menegaskan tidak mau mempermasalahkan tuduhan dari pihak yang menilai renovasi JIS erat kaitannya dengan politik.

“Kalau saya sih biarin saja, nggak mau pusing, sebab saya kan kerja profesional saya lakukan yang sesuai standar FIFA,” tegas Erick.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat menjelaskan rencana penggunaan Stadion JIS sebagai Venue Piala Dunia U-17 bersama dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi di Stadion JIS, Sunter, Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023).
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat menjelaskan rencana penggunaan Stadion JIS sebagai Venue Piala Dunia U-17 bersama dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi di Stadion JIS, Sunter, Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023). (Tribunnews/Abdul Majid)

Dia memastikan tidak ada hubungannya renovasi JIS sebagai langkah menyerang kubu politik dari mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Erick bilang rekam jejaknya di olahraga pun tidak perlu diragukan.

“Saya bukan bagian orang yang mempolitisasi olahraga, track record saya sudah cukup lama di basket, sepakbola apa segala macam,” jelasnya.

Juru Bicara Anies Baswedan, Surya Tjandra menyatakan wacana renovasi JIS yang digadang bakal memakan biaya Rp 6 Miliar khusus untuk pergantian rumput stadion itu, berlebihan.

Sosok Qamal Mutaqin, ahli rumput yang didatangkan PSSI untuk cek rumput JIS
Sosok Qamal Mutaqin, ahli rumput yang didatangkan PSSI untuk cek rumput JIS (Kolase Tribunnews)

Baca juga: Delapan Catatan PSSI Soal Stadion JIS yang Dianggap Belum Layak Gelar Laga Piala Dunia U-17 2023

"Bahkan tiba-tiba ada yang jadi ahli rumput hanya untuk menunjukkan kekurangan JIS. Jelas ini hanya ditujukan untuk politisasi capres Anies Baswedan," kata Surya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/7/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat