androidvodic.com

Strategi STY, Daffa Fasya Mendadak Jadi Pemain Outfield Timnas Indonesia di Final Piala AFF U23 - News

News - Timnas Indonesia hanya memiliki 18 pemain di final Piala AFF U23 2023 saat menghadapi Vietnam di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Sabtu (26/8/2023) malam.

Tiga di antara jumlah pemain Timnas Indonesia yang tersedia adalah penjaga gawang alias kiper, Ernando Ari, Daffa Fasya, dan Nuri Agus.

Selebihnya (15 pemain) merupakan pemain outfield atau pemain yang tidak memiliki batas ruang seperti penjaga gawang.

Tapi, pada laga tersebut ada yang berbeda. Kiper kedua Timnas Indonesia, Daffa Fasya dipersiapkan Shin Tae-yong menjadi pemain outfield.

Situasi tersebut dipersiapkan sebagai antisipasi Shin Tae-yong melihat skuad Timnas Indonesia yang minim setelah ditinggal Komang Teguh dan Titan Agung sejak laga pertama (Sanksi AFC) dan Irfan Jauhari serta Bagas Kaffa yang mengalami cedera.

Baca juga: Hasil Final Piala AFF U23: Ernando Ari Gagal Save The Day, Timnas Indonesia Kalah dari Vietnam

"Kami hanya punya 5 pemain cadangan (selain kiper)," ucap Shin Tae-yong usai laga melawan Vietnam, dikutip dari BolaSport.

"Pastinya kami juga bersiap ketika laga akan berlanjut ke extra time. Dan kita bisa memiliki satu pergantian pemain lagi untuk pemain outfield. Itulah alasannya," sambungnya.

"Dan juga ada masalah di lapangan yang mengharuskan kami mengganti pemain secara langsung," jelasnya.

Pemain outfield sejatinya bukanlah hal asing, tetapi kebanyakan yang terjadi adalah pemain utama yang menjadi kiper karena kondisi tertentu.

Di Liga Inggris, Harry Kane, Rio Ferdinan, hingga John Terry pernah menjadi pemain outfield ketika mereka didapuk menjadi penjaga gawang.

Daffa fasya Jadi Pemain Outfield
Tiga kiper timnas U-23 Indonesia, Nuri Agus, Daffa Fasya dan Ernando Ari di final Piala AFF U-23 2023, Rayong Provincial Stadium, Sabtu (26/8/2023). Daffa Fasya mendadak jadi pemain outfield dalam laga tersebut, menyesuaikan strategi Shin Tae-yong.

Selain pembeda dari Daffa Fasya, starting line-up Timnas Indonesia juga berbeda dibandingkan dengan laga sebelumnya.

Ramadhan Sananta yang dipercaya sejak menit awal pertandingan dari laga pertama duduk di bangku cadangan saat melawan Vietnam.

Shin Tae-yong memilih Abdul Rahman dan M Ragil di lini depan Timnas Indonesia.

Satu lagi, Kelly Sroyer yang sebelumnya menghadiri sesi konferensi pers sebelum laga juga mengawali laga dari bangku cadangan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat