androidvodic.com

Christian Wuck Ungkap Cara Jerman Cetak Pemain Berkualitas di Usia Dini: Tak Butuh yang Versatile - News

Christian Wuck Ungkap Cara Jerman Cetak Pemain Berkualitas di Usia Dini: Tak Butuh yang Versatile

Laporan Wartawan News, Alfarizy AF

News, JAKARTA - Pelatih Jerman U-17, Christian Wuck, mengungkapkan cara Jerman memproduksi pemain berkualitas sejak usia muda.

Jerman memang tak pernah kekurangan talenta muda yang berbakat di bidang sepakbola. 

Christian Wuck mengatakan, perubahan sistem pembinaan usia dini bagi pesepakbola di Jerman telah berlangsung sejak 7-8 tahun lalu.

"Kami membahas ini sudah 7-8 tahun, jadi kami membuat banyak perubahan. Saya pikir tim kelompok usia ini (Tim Jerman U-17 di Piala Dunia U-17 2023( adalah yang pertama kami memulai banyak hal-hal tepat di Jerman," kata Christian Wuck.

Pelatih berusia 50 tahun itu menyebut, di Jerman, akademi atau pun pada level tim senior tidak membutuhkan pemain yang versatile atau bisa bermain di banyak posisi.

Wuck menegaskan bahwa Jerman saat ini tengah fokus menempa pemain untuk bisa tampil sempurna di posisi terbaiknya.

"Kami tidak membutuhkan pemain yang sempurna untuk banyak posisi, tapi kami membutuhkan pemain yang sempurna untuk satu posisi," tegas Wuck, di hadapan awak media.

Christian Wuck pun mencontohkan bek Jerman U-17, Finn Jeltsch, yang telah tampil baik bersama Der Panzer di sepanjang Piala Dunia U-17 2023.

Di posisi striker, bintang masa depan Jerman, Max Moerstedt, menjelma sebagi pemain yang garang di muka gawang lawan.

Di ajang dua tahunan FIFA ini, Max Moerstedt, telah mencetak tiga gol dan satu assist dalam tiga pertandingan.

"Contohnya, Finn Jeltsch, dia adalah seorang bek, dia bisa bertahan dengan sangat baik dan di posisi striker, Max Moerstedt, dia tidak bisa bertahan, tapi dia bisa mencetak banyak gol," kata Christian Wuck.

"Jadi saya pikir ini adalah hal yang terpenting yang harus kami lakukan untuk merubah pengembangan usia dini di Jerman," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat