androidvodic.com

Mengingat Memori Indah Timnas Indonesia di Stadion My Dinh, Hajar Vietnam 0-3 hingga Pelatih Mundur - News

News - Memori indah pernah diciptakan Timnas Indonesia saat melawan Vietnam di My Dinh National Stadium, Hanoi.

Momen itu tepatnya terjadi di ajang Piala AFF 2004 (Piala Tiger) pada 11 Desember 2004, hampir 20 tahun silam.

Kini, memori itulah yang ingin dibangkitkan lagi dan diukir oleh pelatih Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia.

"Statistik bisa berubah. Kami belum pernah menang di My Dinh dalam 20 tahun terakhir, tapi saya rasa kali ini tim Indonesia bisa mengubah sejarah."

"Pertandingan besok adalah pertandingan terpenting di tahun 2024 bagi Indonesia, kami datang ke sini untuk menang," kata Shin Tae-yong dalam prematch konferensi, Senin (25/3/2024).

Faktanya, Indonesia memang belum pernah menang lagi saat melawan Vietnam di kandang mereka sejak saat itu.

Padahal setelah kemenangan 3-0 itu, kedua tim telah bertemu beberapa kali, di mana laga digelar di Vietnam tidak kurang dari lima kali.

Baca juga: Vietnam vs Timnas Indonesia, Mengenang Kejayaan 2 Dekade Lalu, Garuda Jadi Momok Troussier

Secara head to head, pertemuan Indonesia vs Vietnam telah terjadi 29 kali di berbagai ajang. Indonesia unggul dengan 10 kemenangan atas Golden Star, 11 laga berakhir imbang.

Kemenangan 3-0 di My Dinh Vietnam pada 2004 adalah salah satu yang paling mengesankan, di mana keduanya saat itu bersua di laga Grup A Piala AFF.

Indonesia menghadirkan kenangan yang benar-benar buruk bagi Vietnam kala itu. Betapa tidak, kekalahan itu pada akhirnya membuat pelatih Vietnam kala itu, Edson Tavares, mundur setelahnya.

Saat itu, Vietnam memasuki pertandingan dengan empat poin setelah bermain imbang dengan Singapuran dan menang 9-1 atas Kamboja.

Namun saat pertandingan ketiga, mereka kalah telak dari Indonesia berkat tiga gol yang diciptakan oleh Muhammad Mauly Lessy, Boaz Solossa, dan Ilham Jaya Kesuma.

Kekalahan itu membuat peluang Vietnam untuk lolos fase grup tertutup. Mereka hampir dipastikan tersingkir meski masih menyisakan satu pertandingan lagi di fase grup.

Thethao247 mencatat, kekalahan itu begitu berat hingga membuat para pemain kehilangan semangat, sementara pelatih Tavares melewatkan konferensi pers pasca pertandingan.

Baca juga: Antusiasme Shin Tae-yong Putus Rekor Buruk Timnas Indonesia di Vietnam, Sejarah Bakal Diubah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat