androidvodic.com

Nova Arianto Bongkar Strategi Jitu Kemenangan Timnas U16 Indonesia: Skema 3 Bek Ala STY Jadi Kunci - News

News - Pelatih Timnas U16 Indonesia, Nova Arianto membongkar strategi jitu kemenangan atas Singapura di laga perdana Grup A Piala AFF U16 2024, Jumat (21/6/2024) malam WIB.

Dikatakan Nova Arianto, perubahan strategi dengan menggunakan skema tiga bek ala Shin Tae-Yong (STY), jadi kunci kemenangan Garuda Muda.

Adapun hasil Piala AFF U16 2024 antara Timnas U16 2024 vs Singapura yang berlangsung di Stadion Manahan berakhir dengan skor 3-0.

Pada pertandingan ini, Nova Arianto memasang formasi 4-4-2 sejak awal pertandingan.

Kesebelasan pertama Timnas Indonesia melawan Singapura pada ajang ASEAN U16 (Piala AFF) Boys Championship 2024 di Stadion Manahan, Solo, Jumat (21/6/2024) malam. Timnas Indonesia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-0 atas Singapura. TRIBUNNEWS/Muhammad Nursina
Kesebelasan pertama Timnas Indonesia melawan Singapura pada ajang ASEAN U16 (Piala AFF) Boys Championship 2024 di Stadion Manahan, Solo, Jumat (21/6/2024) malam. Timnas Indonesia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-0 atas Singapura. TRIBUNNEWS/Muhammad Nursina (TRIBUNNEWS/Fotografer)

Dengan formasi tersebut, Timnas U16 Indonesia berhasil mencetak satu gol lewat tandukan Mierza pada menit ke-39.

Kemudian pada babak kedua, Nova Arianto langsung mengubah formasi Timnas U16 Indonesia.

Eks pemain Persib Bandung itu menerapkan formasi 3-4-3 di babak kedua.

Formasi dengan skema tiga bek tersebut memang sangat akrab bagi Nova Arianto saat menjadi asisten pelatih Shin Tae-Yong di Timnas Indonesia senior.

Terbukti, skema tersebut juga moncer bagi Garuda Muda, dan mencetak dua gol melalui aksi Evandra (58'), dan Alberto (87').

Seusai pertandingan, Nova Arianto pun mengakui perubahan skema tersebut menjadi kunci sukses kemenangan Garuda Muda.

Selebrasi pesepak bola Timnas Indonesia setelah Mierza (tengah) mencetak gol pertama dalam pertandingan Timnas Indonesia vs Singapura pada ajang ASEAN U16 (Piala AFF) Boys Championship 2024 di Stadion Manahan, Solo, Jumat (21/6/2024) malam. Timnas Indonesia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-0 atas Singapura. TRIBUNNEWS/Muhammad Nursina
Selebrasi pesepak bola Timnas Indonesia setelah Mierza (tengah) mencetak gol pertama dalam pertandingan Timnas Indonesia vs Singapura pada ajang ASEAN U16 (Piala AFF) Boys Championship 2024 di Stadion Manahan, Solo, Jumat (21/6/2024) malam. Timnas Indonesia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-0 atas Singapura. TRIBUNNEWS/Muhammad Nursina (TRIBUNNEWS/Fotografer)

Baca juga: Kata Nova Arianto Soal Lemparan Maut Fabio di Timnas U16 Indonesia, Bisa Jadi The Next Pratama Arhan

"Memang kita sejak awal sudah menyiapkan dua formasi di situ ada 4-4-2 dan 3-5-2, jadi kita akan selalu lihat situasi di pertandingan," ujar Nova Arianto dalam sesi konferensi pers seusai laga, Jumat (21/6/2024).

"Karena di babak pertama, Singapura bisa menyerang lewat bola-bola atas termasuk bola-bola switch kiri dan kanan."

"Sehingga kita coba antisipasi dengan perubahan formasi di babak kedua."

"Beruntungnya, para pemain bisa beradaptasi dengan formasi yang baru (3-4-3), akhirnya kita bisa menjadi hasil yang terbaik pada malam hari ini," beber Nova Arianto.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat