androidvodic.com

Pengamat: Merger Indosat dan Tri Harus Untungkan Pelanggan - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Hendra Gunawan 

News, JAKARTA - PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) dan PT Hutchison 3 Indonesia (H3I/Tri) telah resmi melakukan penggabungan bisnis pada 16 September 2021 lalu. Perusahaan gabungan keduanya akan bernama PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk (Indosat Ooredoo Hutchison).

Menurut Kamilov Sagala, SH, MH, Ketua Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Informasi pada diskusi yang digelar oleh Indonesia Technology Forum (ITF) bersama media pada Jumat (8/10), konsolidasi bukan hal baru di industri telekomunikasi yang perkembangannya sangat cepat.

“Bukan hitungan tahun lagi, tapi bulan,” ujarnya menggambarkan pesatnya kemajuan teknologi industri ini.

Ia melihat di negara-negara seperti Indonesia yang geografisnya sangat luas membuat pembangunan infrastruktur menjadi tantangan yang amat besar. “Berbeda dengan India atau China,” katanya.

Tingginya tantangan ini berisiko pada besarnya pembiayaan infrastruktur dan industri telekomunkasi merupakan bisnis yang padat modal. Di sisi lain dibutuhkan sebuah industri yang sehat.

“Industri sehat terjadi kalau layanan masyarakatnya baik,” ujar mantan Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) itu.

Baca juga: Menkominfo Restui Merger Indosat H3I, Namun Tetap Perlu Ada Evaluasi Menyeluruh

Proses merger adalah keniscayaan untuk mewujudkan industri yang sehat. Ia mencontohkan di Malaysia bagaimana Celcom berkolaborasi dengan Digi pada pertengahan tahun 2021.

Kemudian di India pada tahun 2020, Vodafone merger dengan Airtel. Konsolidasi dua perusahaan dari dua contoh ini mengubah peta industri menjadi lebih baik dan pemanfaatan frekuensi yang lebih optimal.

Baca juga: Mantan Komisioner BRTI Sarankan Indosat dan Hutchinson Tetap Jalankan Pertimbangan KPPU

Dia berharap hasil merger ini diharapkan dapat menciptakan industri telekomunikasi digital kelas baru di indonesia. Bukan tidak mungkin buah konsolidasi ini mampu mempercepat transformasi digital yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

Konsolidasi bisnis yang dilakukan operator seluler ini hendaknya tidak membuat bingung para pelanggan, sebab sejatinya merekalah yang diuntungkan.

Baca juga: Merger Indosat-Tri Ciptakan Perusahaan Telekomunikasi dan Internet Digital Kelas Dunia di Indonesia

Dengan bergabungnya sumber daya dan servis yang dimiliki keduanya maka kebutuhan pelanggan lebih terakomodir. Cakupan wilayah layanan pun kian meluas.

Hadirnya Indosat Ooredoo Hutchison membuat persaingan antaroperator seluler makin hidup dan mereka akan berlomba menarik pelanggan dengan beragam suguhan layanan.

Baca juga: XL Axiata Kenalkan Konvergensi SATU Lite, Berikut Tawaran-Tawaran Menariknya

Sebuah keuntungan besar dari sisi pelanggan dengan pilihan yang semakin mudah. Secara umum, Kamilov mencermati ada dua keuntungan yang diperoleh pelanggan, antara lain;

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat