androidvodic.com

Fitur Terbaru WhatsApp, Picture in Picture dalam Tahap Uji Coba, Masukkan Fitur Control Bar - News

News - WhatsApp telah melakukan tahap uji coba untuk fitur terbaru aplikasi tukar pesannya, yaitu Picture in Picture (PiP).

Dikutip dari laman WA Betainfo, WhatsApp telah merilis beta terbaru yaitu 2.21.22.3.

Pada update beta, terdapat fitur penyempurnaan yaitu tentang link sharing, khususnya video.

Fitur tersebut membuat Anda dapat membagi link dari YouTube, Facebook, atau Instagram kepada rekan lewat WhatsApp, dan Anda dapat menggunakan fitur picture-in-picture untuk menonton video.

Picture-in-Picture pun memungkinkan Anda untuk bisa menonton video tersebut dalam bentuk sebuah jendela kecil atau floating window, serta letaknya dapat diatur.

Baca juga: Daftar HP yang Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp per 1 November 2021, iPhone 6S Plus Termasuk

Baca juga: Hari Ini, WhatsApp Rilis Fitur End-to-End Encrypted Backups, Bisa Simpan Chat di Google Drive

Fitur ini dapat digunakan untuk melakukan chat dengan rekan Anda.

WhatsApp pun melakukan pembaruan terkait desain dari fitur picture-in picture dengan menambah adanya control bar yang baru.

Control bar tersebut mengijinkan Anda untuk melakukan pause atau resume video serta membuka video dengan mode full-screen atau menutup jendela.

Sebelumnya, control bar tersebut hanya tersedia dari link yang dibagi dari aplikasi YouTube tetapi terlihat bahwa WhatsApp ingin memasukkannya ke lebih banyak jenis link dari aplikasi penyedia video.

Untuk diketahui bahwa fitur picture-in-picture saat ini dapat menggunakan link video dari YouTube, Instagram, Facebook, ShareChat, serta Streamable dan dapat berjalan dengan sangat baik.

Perbandingan Fitur Picture-in-Picture Milik WhatsApp
Berikut adalah perbandingan dari fitur picture-in-picture yang lama dengan baru.

Pada gambar di atas, terdapat perbedaan yang cukup terlihat antara versi lama dengan baru, yaitu peletakan tombol "Close", "Pause", dan "Size".

Terlihat pada versi sebelumnya, ketiga tombol tersebut terletak secara menyebar yaitu Close berada di kiri atas, Size di kanan atas dan Pause di tengah layar video yang dibuka.

Selain itu, semua tombol tersebut otomatis akan menghilang ketika video disetel untuk beberapa waktu sehingga ketika pengguna ingin melakukan tindakan dengan menekan salah satu tombol maka perlu mengetuk layar video dahulu dan ketiga tombol tersebut kembali muncul.

Baca juga: WhatsApp Payment, Bisa Kirim Uang Semudah Chatting, Berikut Cara Menggunakannya

Namun, untuk tampilan terbarunya, ketiga tombol tersebut terletak berjejeran dan akan selalu ada selama video dimainkan.

Terkait perilisannya, WhatsApp belum memberikan keterangan waktu rilis karena perlu melakukan pembaruan tampilan dan masih dalam tahap beta.

(News/Yohanes Liestyo Poerwoto)

Artikel lain terkait WhatsApp

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat