androidvodic.com

Kalahkan Apple Music dan Youtube, Spotify Jadi Jawara Pasar Streaming Musik Dunia - News

Laporan Wartawan News, Namira Yunia Lestanti

News, JAKARTA – Kehadiran Spotify sebagai layanan streaming musik rupanya mulai merajai pasar global. Bahkan eksistensi Spotify mengalahkan beberapa platform saingannya.

Menurut laporan Lembaga riset musik dan hiburan Midia, tercatat hingga pertengahan tahun 2021 kemarin, platform Spotify berhasil menduduki pangsa 31 persen dengan 162,4 juta pelanggan.

Meskipun perolehan nilai tersebut menurun dibanding tahun 2020 yang mencapai 33 persen dengan 165 juta pelanggan. Namun hingga saat ini Spotify mampu mempertahankan posisinya di urutan pertama sebagai layanan streaming terpopuler sepanjang tahun.

Baca juga: Tinggalkan Seri Galaxy Note, Samsung Siap Rilis Galaxy S22 Bulan Depan

Mengutip dari The Verge, untuk posisi kedua dipegang oleh Apple Music asal Amerika dengan perolehan angka sebanyak 15 persen serta perkiraan jumlah pelanggan sebesar 78,6 juta. Di urutan ketiga ada Amazon Music dan Tencent Music dengan perolehan masing-masing sebesar 13 persen dan jumlah pelanggan 68,1 juta.

Jauh tertinggal di belakang kali ini Youtube hanya mampu memperoleh 8 persen untuk pangsa pasar serta 41,8 juta pelanggan. Di belakangnya disusul NetEase, Deezer, dan Yandex.

Baca juga: Video Menghapus Jejakmu - NOAH, Pengganti Ariel dan Dian Sastro hingga Trending Twitter & YouTube

Jika dilihat lebih jauh, total seluruh pasar streaming music saat ini tengah mengalami perkembangan yang cukup pesat, hal tersebut terpantau pertumbuhannya dari tahun ke tahun yang mencapai 26,4 persen, dengan 523,9 juta pelanggan dari berbagai penjuru dunia.

Sementara itu persaingan yang cukup ketat pada platfrom music streaming juga mulai terlihat sejak tahun lalu. Seperti Apple Music yang meluncurkan fitur streaming audio spasial dilengkapi kualitas lossless pada Juni 2021 kemarin.

Tak mau ketinggalan Spotify juga mengumumkan akan segera merilis audio lossless bernama Spotify Hi-Fi ke platformnya. Meskipun sejauh ini pihaknya belum menginformasikan lebih lanjut mengenai kapan tanggal dirilisnya fitur tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat