androidvodic.com

Grab Jadi Super App Terbaik di Asia Tenggara Menurut Ipsos - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

News - Asia Tenggara menjadi wilayah dengan perkembangan pesat Super App seperti Grab dan GoTo selama beberapa tahun terakhir.

Hal ini sebagian disebabkan oleh pandemi, yang mendorong pengguna melakukan lebih banyak aktivitas digital daripada sebelumnya.

Menurut Laporan Ipsos SEA Ahead Wave 5 yang dirilis pada Januari 2022, 51 persen masyarakat Asia Tenggara mengatakan bahwa mereka sekarang lebih sering berbelanja online dan 1 dari 2 orang mengatakan mereka membayar lebih sering dengan dompet digital atau opsi nontunai lainnya.

Baca juga: GoTo Alokasikan Rp 310 Miliar Saham Cuma-cuma untuk Mitra Pengemudi

Selain itu, studi terbaru oleh Ipsos juga mengungkapkan bahwa 82 persen pengguna aplikasi digital di Asia Tenggara memesan pengiriman makanan dan 43 persen menggunakan layanan kendaraan atau ride-hailing.

Dalam penelitian terbaru dan pertama di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam, Ipsos Indonesia mengadakan survei untuk mengetahui Super App terbaik di setiap negara tersebut dengan melibatkan 3.500 responden.

Managing Director Ipsos in Indonesia Soeprapto Tan, menyampaikan mengingat ketidakpastian bagaimana Super App diartikan, pertama Ipsos merancang kriteria untuk menentukan apa itu Super App.

Baca juga: Cara Beli Pelatihan Kartu Prakerja di Aplikasi Tokopedia dan Bukalapak

"Hal itu memungkinkan kami untuk membuat daftar kandidat Super App di setiap negara, yang kemudian kami bandingkan penilaian pengguna berdasarkan 4 indikator utama Super App, yaitu user experience, engagement, awareness, dan usefulness," Soeprapto Tan, Kamis (7/4/2022).

Sebuah Super App sering diartikan sebagai aplikasi yang menawarkan banyak layanan untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda.

Pada survei ini, Ipsos menetapkan Super App sebagai aplikasi yang menawarkan lebih dari tiga layanan digital, seperti transportasi (ride-hailing), e-commerce, pembayaran, pesan-antar makanan, belanja bahan makanan dan lain-lain.

Aplikasi Majoo berkolaborasi dengan GrabFood untuk menghadirkan solusi bagi UMKM Indonesia.
Aplikasi Majoo berkolaborasi dengan GrabFood untuk menghadirkan solusi bagi UMKM Indonesia. (Handout)

Aplikasi berbasis media sosial tidak disertakan dalam survey ini. Berdasarkan kriteria tersebut, Ipsos sampai pada daftar Super App berikut untuk setiap negara:

Indonesia : Shopee, Tokopedia, Lazada, JD ID, BliBli, Bukalapak, Grab, Gojek dan Traveloka.
Malaysia : Shopee, Lazada, Grab, Touch n Go eWallet dan AirAsia.
Singapura : Shopee, Lazada, Grab dan Zig.
Filipina : Shopee, Lazada, Grab and Gcash.
Thailand : Shopee, Lazada, Grab, AirAsia and Lineman.
Vietnam : Shopee, Lazada, Grab, Gojek dan Be.

Baca juga: Gandeng Bukalapak, CT Luncurkan Platform Belanja Kebutuhan Pokok

Berdasarkan hasil survei pengguna, Super App diberikan peringkat berdasarkan indeks yang menggabungkan empat indikator utama, user experience, engagement, awareness dan usefulness.

Diketahui Grab sebagai Super App terbaik di enam negara Asia Tenggara yang termasuk dalam survei, dengan rata-rata total skor indeks 63. Skor Grab tertinggi di Singapura dan Vietnam, diikuti oleh Malaysia, Filipina, Indonesia dan Thailand.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat