androidvodic.com

CEO Nokia: Jaringan 6G akan Tersedia Pada Tahun 2030 - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, NEW DELHI – CEO Nokia Pekka Lundmark mengatakan jaringan seluler 6G akan tersedia secara komersial pada tahun 2030 mendatang.

Hal tersebut dikatakan Pekka Lundmark, saat berbicara di Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos.

Menurutnya, operator telekomunikasi di seluruh dunia sedang membangun kekuatan di arena 5G tetapi mereka juga fokus untuk membawa jaringan seluler 6G ke pasar sebelum 2030.

Baca juga: Internet 6G Buatan China Diklaim Bisa Kirim Data 1 Terabyte dalam Hitungan 1 Detik

“Pada saat itu, pasti smartphone seperti yang kita kenal sekarang tidak akan lagi menjadi bagian antarmuka yang paling umum,” kata Lundmark seperti dikutip dari Gizmochina, Senin (30/5/2022).

Dia tidak merinci lebih lanjut tentang bagaimana atau seperti apa jaringan 6G nanti, menurutnya, perusahaan sudah mulai berinvestasi besar-besaran di 6G.

Beberapa raksasa teknologi terbesar dunia terlihat berpartisipasi dan bahkan berkolaborasi dalam teknologi generasi mendatang ini.

Salah satu contohnya adalah Qualcomm, Apple, Google, dan LG yang merupakan salah satu anggota dari satu kelompok kerja 6G.

Baca juga: Begini Roadmap Pengembangan Teknologi 6G Oppo dan Prospek Masa Depan Komunikasi

Sementara itu, sejumlah besar pengguna masih belum beralih dari 4G ke 5G. Terutama di beberapa bagian India, di mana orang belum merasakan kecepatan sebenarnya dari jaringan 4G.

Sampai sekarang, semua orang tidak mengetahui seberapa cepat jaringan 6G. Namun, diperkirakan kecepatannya sekitar 100 kali lebih cepat dari 5G.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat