androidvodic.com

Apa Itu Doxing? Aksi Hacker Bjorka yang Menimpa Menkominfo Johnny G Plate - News

News - Berikut penjelasan tentang doxing, yang disebut menimpa Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate.

Menkominfo Johnny G Plate dikabarkan menjadi korban doxing oleh hacker bernama Bjorka.

Lantas apa itu doxing?

Dikutip dari laman Kominfo, doxing adalah tindakan menyebarkan informasi pribadi orang lain tanpa izin pihak yang bersangkutan.

Doxing biasanya terjadi di media sosial dan dilakukan akun anonim.

Metode doxing digunakan guna memperoleh informasi termasuk mencari basis data yang tersedia untuk umum, meretas, hingga rekayasa sosial.

Baca juga: Fadli Zon Kritik Menkominfo Pakai Nomor Ponsel Amerika Usai Ramai Hacker Bjorka

Doxing berasal dari kata "dox", singkatan dari dokumen.

Doxing merupakan tindakan berbasis internet untuk meneliti dan menyebarluaskan informasi pribadi secara publik (termasuk data pribadi) terhadap seseorang individu atau organisasi.

Aktivitas mempublikasikan atau menyebarkan informasi pribadi orang lain dalam bentuk apa saja dan dalam situasi apa saja dengan memanfaatkan platform apapun, masuk ke dalam definisi doxing.

"Hadiah Ulang Tahun" Hacker Bjorka untuk Menkominfo

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dalam acara peluncuran internet fiber Indosat Ooredoo Hoticson, yakni Indosat HiFi di kantor Indosat, Jakarta Pusat, Jumat (9/9/2022).
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dalam acara peluncuran internet fiber Indosat Ooredoo Hoticson, yakni Indosat HiFi di kantor Indosat, Jakarta Pusat, Jumat (9/9/2022). (News/Naufal Lanten)

Diberitakan News sebelumnya, Menkominfo Johnny G Plate diserang hacker Bjorka tepat di hari ulang tahunnya ke-66, Sabtu (10/9/2022).

Data pribadi Johnny G Plate diduga disebar, alias kena doxing, melalui akun Telegram.

Penyebaran informasi pribadi yang dilakukan oleh Hacker Bjorka tersebut bertepatan di hari ulang tahun ke-66 Johnny G Plate.

Bjorka melakukan penyebaran informasi pribadi Johnny G Plate dengan memberi ucapan ulang tahun melalui akun Telegram.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat