androidvodic.com

Penting, Menjaga Keamanan Data Pribadi di Media Sosial - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Partnership & Strategic Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) Dewi S. Sari mengatakan cerdas dalam bermedia sosial sangat diperlukan demi keamanan digital penggunanya.

“Keamanan dalam bermedia sosial tidak hanya untuk mengamankan data yang kita miliki, melainkan juga melindungi data pribadi yang bersifat rahasia. Selain itu demi keamanan di ruang digital kita juga harus memperhatikan aspek dalam berbagi informasi," ujarnya di acara diskusi Cerdas Dalam Bermedia Sosial pada Minggu, 3 Oktober 2022.

Dewi mengatakan menjaga kerahasiaan data pribadi di ranah media sosial sangat penting demi menjaga keamanan diri kita sendiri.

“Ada potensi kekerasan antar gender secara daring/online ataupun intimidasi di media sosial, karena itu penting bagi kita untuk menjaga data kita. Selain itu juga untuk mencegah penyalahgunaan data pribadi dan pencemaran nama baik oleh orang yang tidak bertanggung jawab," katanya.

Ayu Minarti dari Pandu Digital Indonesia di kesempatan yang sama mengatakan, kecakapan digital masyarakat Indonesia masih rendah.

“Kecakapan digital masyarakat kita perlu ditingkatkan agar pengguna media sosial cerdas dalam menggunakannya. Individu yang cakap bermedia digital dinilai mampu mengetahui, memahami, menggunakan dan mengevaluasi penggunaan keras dan lunak dalam lanskap digital," ungkapnya.

Baca juga: Kembangkan Desa Cerdas, Kemendesa Genjot Kapasitas Duta dan Kader Digital

Ayu mengatakan, dengan cerdas bermedia sosial akan membuat kita terhindar dari dampak negatif penggunaan media sosial.

“Paham akan media sosial bisa membuat kita lebih aman dalam menggunakannya. Selanjutnya kita bisa terhindar dari berita bohong, cyberbullying ataupun penipuan di media sosial," ungkapnya

Influencer dan konten kreator Phopira berpendapat, pengguna media digital harus menguasai dua lanskap digital agar bisa cerdas dalam menggunakan media sosial.

“Lanskap pertama yaitu pengguna harus paham akan dasar penggunaan perangkat keras.

Hal dasar yang harus kita pahami adalah memahami fungsi perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan dalam mengakses dunia digital," bebernya.

“Lanskap yang kedua adalah Pengetahuan dasar dalam mengoperasikan perangkat lunak dan aplikasi.

Pengetahuan ini meliputi dasar sistem operasi, pengetahuan dasar aplikasi dan yang ketiga yaitu pengetahuan akan dasar internet," jelasnya.

Diskusi dalam format webinar tentang Cerdas Dalam Bermedia Sosial diselenggarakan Kementerian Kominfo dan Siberkreasi dan diikuti berbagai komunitas Digital di DKI Jakarta dan Banten.

Tujuannya, untuk mendukung peningkatan skill masyarakat di media digital,.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat