androidvodic.com

Harga iPhone 15 Series Dipastikan Naik karena Lonjakan Harga Chip Buatan TSMC - News

Laporan Wartawan News  Namira Yunia Lestanti

News, CALIFORNIA – Harga iPhone 15 dipastikan naik setelah Apple Inc menyetujui keputusan mitra utamanya, yakni Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) menaikkan biaya produksi chip di 2023.

Sebelum menyetujui keputusan ini, Apple selaku pemasok utama prosesor chipset TSMC dilaporkan menentang rencana kenaikan produksi chip.

Namun setelah menggelar negosiasi sengit selama beberapa minggu terakhir, kini Apple menyetujui kenaikan harga yang ditetapkan TSMC pada prosesor chipset teknologi fabrikasi 3nm.

Menurut TSMC, kenaikan harga produk chipset disebabkan oleh adanya inflasi pasar global yang kemudian membuat biaya listrik, dan bahan mentah untuk produk chip ikut melonjak drastis.

Alasan ini yang membuat TSMC terpaksa menaikan biaya pada produknya guna meningkatkan kapasitas produksi, dimana sebelumnya TSMC telah berkomitmen untuk melakukan investasi baru sebesar 100 miliar Dolar AS.

Dengan adanya rencana kenaikan ini, harga chip teknologi fabrikasi 3nm dengan ukuran 12 inci dan 8 inci masing-masing akan naik 5 persen dan 6 persen.

Meski sempat mendapat penolakan dari sejumlah pelanggan sejak akhir September lalu, namun usai sejumlah perusahaan yang bergantung pada TSMC untuk memproduksi chipnya, seperti AMD dan Nvidia menyetujui kenaikan ini, Apple lantas mengiyakan permintaan kenaikan harga chip TSMC.

Baca juga: Produksi Chip 3-Nm TSMC Terganggu Inflasi, Krisis Pasokan Semikonduktor Diprediksi Berlanjut

Sebagai informasi Apple sendiri merupakan salah satu klien terbesar TSMC bahkan keberadaan raksasa chip asal Taiwan ini menyumbang peran penting bagi keberhasilan produk Mac, iPhone, dan iPad besutan Apple.

Bahkan berkat kerjasama ini Apple menyumbang pendapatan pembuat chip Taiwan itu sekitar 25 persen.

Baca juga: Krisis Semikonduktor Diprediksi Berlanjut, Ada Gangguan Produksi di Pabrik TSMC Akibat Inflasi

Diketahui pembuatan prosesor fabrikasi dari TSMC akan digunakan Apple untuk menjalankan operasi dari chipset A17 Bionic yang akan disematkan pada iPhone 15  Pro dan Ultra kelas atas yang dirilis pada 2023, dilansir Crast.

Baca juga: Apple Jadi Pemakai Pertama Chip 3nm Buatan TSMC, untuk iPhone 14?

Imbas dari kenaikan ini Apple diprediksi tengah berencana untuk membebankan biaya lebih mahal kepada produk flagship anyarnya  iPhone 15 di tahun depan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat