androidvodic.com

Indihome dan Telkomsel Alami Gangguan Jaringan Sore Tadi, Berikut Penjelasan Manajemen - News

News, JAKARTA -- PT Telekomunikasi Indonesia (Tbk) atau Telkom terus melakukan pengecekan terhadap gangguan pada jaringan layanan IndiHome.

VP Corporate Communication Telkom, Andri Herawan Sasoko mengatakan, pihaknya sedang mengidentidikasi penyebab (root cause) terjadinya gangguan.

"Layanan di beberapa pelanggan sudah mulai membaik dan diharapkan keseluruhan layanan dapat kembali normal secepatnya," kata Andri dalam keterangan persnya, Rabu (21/12/2022).

Andri juga mengatakan atas nama manajemen, Telkom menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan terdampak atas ketidaknyamanan yang dirasakan karena adanya gangguan akses internet yang menyebabkan penurunan kualitas layanan IndiHome ini.

Baca juga: Saham GOTO Kembali Jeblok Seharga Rp107, Singapura Lakukan Pembelian, Telkomsel Sebut Hal yang Wajar

Sementara General Manager External Corporate Communications Telkomsel, Aldin Hasyim, juga mengatakan hal senada.

Menurut Aldin, jaringan internet Telkomsel berangsur pulih sekitar pukul 17.00 WIB. Aldin juga mengatakan, Telkomsel bersama TelkomGroup terus melakukan opimalisasi untuk percepatan pemulihan akses layanan secara menyeluruh.

"Kami menyampaikan permohonan maaf kepada sebagian pelanggan yang terdampak atas gangguan akses jaringan broadband Telkomsel yang sempat terjadi," kata Aldin kepada KompasTekno.

Aldin juga menegaskan bahwa Telkomsel mengapresiasi masukan dari para pelanggan untuk terus menggunakan produk dan layanan Telkomsel.

Diberitakan KompasTekno, jaringan internet IndiHome dan operator seluler Telkomsel dilaporkan down alias tumbang pada Rabu sore ini (21/12/2022) sekitar pukul 16.24 WIB.

Pengguna layanan IndiHome dan Telkomsel mengeluhkan tumbangnya jaringan milik perusahaan BUMN itu di media sosial.

Cakupan gangguan jaringan Indihome dan Telkomsel tampaknya terjadi secara massal di berbagai wilayah di Indonesia.

Pantauan KompasTekno di media sosial Twitter, sejumlah pengguna yang terdampak jaringan Indihome dan Telkomsel down di antaranya di Jabodetabek, Bali, Garut, Bandung, Yogyakarta hingga Papua.

Menurut data dari situs Downdetector, jaringan internet Indihome dan Telkomsel dilaporkan down pada sekitar pukul 16.24 WIB.

Baca juga: Berkat Sobat IndiHome, Tohir Raih Puluhan Juta Rupiah Untuk Lunasi Hutang dan Sekolah Anak

Laporan gangguan Indihome dan Telkomsel di situs itu terus meningkat dan mencapai puncak pada pukul 16.54 WIB dengan total laporan mencapai 1.005 laporan untuk IndiHome dan 1.108 laporan untuk Telkomsel hingga pukul 16.56 WIB.

Mayoritas pengguna melaporkan masalah ketiadaan sinyal seluler hingga lenyapnya koneksi internet baik untuk jaringan Indihome maupun Telkomsel.

Selain itu, pengguna juga melaporkan koneksi terputus Indihome ke TV kabel. Respons Telkom dan Telkomsel Menanggapi hal ini, pihak Telkom mengatakan tengah melakukan pengecekan untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat