androidvodic.com

Kepincut Fitur Anyar iPhone 14, Huawei Nova 11 Hingga Xiaomi 13 Hadir dengan Fitur Dynamic Island - News

Laporan Wartawan News Namira Yunia Lestanti

News, BEIJING – Pabrikan smartphone android kondang asal China Huawei, dikabarkan tengah bersiap merilis gawai baru yang menghadirkan fitur Dynamic Island mirip seperti tampilan pada iPhone 14.

Informasi tersebut diketahui publik setelah pabrik smartphone ini secara terang – terangan mempublikasikan tampilan ponsel anyarnya.

Dalam unggahan yang dipamerkan Huawei terlihat dengan jelas apabila seri Nova 11 akan mengadopsi potongan layar berbentuk pil yang mirip dengan seri iPhone 14. Ponsel ini juga memposisikan kameranya di tengah pil persis seperti fitur 'Dynamic Island' milik Apple.

Baca juga: AS Hentikan Lisensi Ekspor Produk Teknologi ke Huawei

Untuk mendukung kinerja Dynamic Island pada Nova 11, sejumlah pihak memprediksi Huawei akan menyematkan sistem operasi produksinya yakni HarmonyOS yang dipadukan Snapdragon 8+ Gen 1,serupa dengan model ponsel cerdas karya Huawei lainnya.

Sejauh ini, Huawei belum merilis informasi lebih lanjut, namun melansir dari Android Headlines produsen ponsel asal China ini dikabarkan menghadirkan sistem kamera XMAGE serta konfigurasi tiga kamera di bagian belakang.

Dengan tujuan agar dapat memanjakan para pengguna dalam mengeksplorasi pengalaman fotografi lebih baik. Sejumlah pihak memprediksi Huawei Nova 11 series ini akan didukung beberapa aplikasi pendukung seperti Huawei Health dan Huawei smartwatch.

Selain Huawei belakangan sejumlah produsen ponsel android lainnya juga kepincut memproduksi gawai dengan fitur Dynamic Island, salah satunya Xiaomi.

Ketenaran fitur Dynamic Island yang ditawarkan Apple belakangan menjadi pembicaraan panas di antara para produsen ponsel. Dirilis untuk melengkapi tampilan iPhone 14, Dynamic Island dibuat guna menampung komponen Face ID dan kamera depan TrueDepth 12 MP.

Menariknya fitur ini dirancang sebagai notch yang interaktif dan dinamis sehingga mampu menampilkan animasi untuk notifikasi dan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang (background). Misalnya aplikasi maps, musik, timer, perekam audio, hingga aplikasi pihak ketiga.

Baca juga: iPhone Generasi Pertama Dilelang, Harganya Bisa Sentuh 50 Ribu Dolar AS

Kecanggihan ini yang kemudian mendorong Xiaomi untuk merilis ponsel Android pertama yang memiliki fitur dynamic island.

Lewat peluncuran Xiaomi 13 Lite di acara Mobile World Congress (MWC) 2023 yang digelar Barcelona pada 27 Februari mendatang, nantinya Xiaomi akan memperlihatkan desain Dynamic Island yang tersemat pada gawai anyarnya tersebut.

Meski Xiaomi tidak menyebutkan secara gamblang terkait rencana peluncuran ini, namun sejumlah pengamat teknologi termasuk akun Twitter @sudhanshu1414 belakangan aktif membagikan video unboxing Xiaomi 13 Lite yang memperlihatkan desain 'Dynamic Island' mirip iPhone 14 Pro dan Pro Max.

Tak tanggung – tanggung untuk menunjang performa gawai ini Xiaomi turut menambahkan dua kamera yang masing-masing memiliki resolusi 32MP ditenagai Snapdragon 7 Gen 1. Untuk layar Xiaomi menghadirkan LCD sebesar 6,55 inci FHD dengan jenis AMOLED refresh rate 120Hz.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat