androidvodic.com

Tampilan Spotify Diganti, Dibuat Mirip Seperti Tiktok, Instagram dan Youtube - News

Laporan Wartawan News Namira Yunia Lestanti

News, CALIFORNIA – Persaingan ketat di industri teknologi mendorong platform pemutar musik Spotify untuk merombak tampilan halaman utama di dalam aplikasinya, pada Rabu (8/3/2023).

Melalui event Stream on 2023, Spotify mengumumkan beberapa perubahan baru di tampilan.

“Mulai hari ini, saat Anda membuka 'Home' di aplikasi Spotify, Anda akan menemukan lagu, podcast, dan audiobooks yang telah dipersonalisasi serta cuplikan terpilih yang dapat Anda nikmati,” tulis Spotify di blog resminya.

Mengutip dari The Verge, desain baru dari Spotify pada halaman “Search” (Pencarian) memiliki fokus pada elemen visual dan scrolling. Trek musik yang muncul juga akan berubah bentuk dari kotak persegi menjadi memanjang vertikal.

Dengan perubahan baru ini, pengguna hanya perlu menggulir layar dari bawah ke atas untuk mencari konten yang ingin didengar, mirip fitur scrolling konten di laman For You (TikTok) ataupun Reels (Instagram).

Guna memanjakan para pengguna, Spotify juga meningkatkan layanannya dengan mengandalkan teknologi AI (Artificial Intelligence/kecerdasan buatan) pada fitur Smart Shuffle.

Lewat pembaruan tersebut pengguna kini bisa memutar lagu secara acak sesuai dengan genre lagu yang kerap mereka putar.

Baca juga: Tombol Love Untuk Simpan Lagu dan Podcast Favorit di Spotify Diganti dengan Tombol Plus

Agar tampilan lebih bervariasi Spotify turut memunculkan musik yang disertai dengan cuplikan video.

Perubahan lainnya juga terlihat saat mengakses halaman “Podcast & Shows”, dimana pengguna akan melihat cuplikan podcast yang diunggah dalam bentuk video.

Sedangkan, untuk halaman konten “Audiobooks” akan menampilkan cuplikan berupa cover konten yang disertai potongan suara. Selain itu, Spotify dikabarkan turut melakukan resolusi konten yang ditampilkan dengan rasio 9:16.

Baca juga: Kepincut Fitur Pintar ChatGPT, Spotify Rilis Layanan DJ

Semua perubahan yang digulirkan Spotify dilakukan selain untuk memudahkan pengguna saat menemukan konten.

Sayangnya perubahan baru yang dihadirkan Spotify hanya tersedia secara terbatas untuk wilayah Amerika Serikat (AS), Inggris, Irlandia, Australia, dan New Zealand.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat