androidvodic.com

Polri Tunggu Laporan untuk Usut Kasus Dugaan BSI Diretas Hacker - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Polri hingga kini masih menunggu laporan soal adanya dugaan peretasan atau pencurian data yang dialami Bank Syariah Indonesia (BSI).

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan nantinya laporan tersebut akan menjadi dasar pihaknya melakukan pengusutan.

"Kami masih menunggu laporan lebih lanjut supaya menjadi dasar bagi kepolisian untuk melakukan upaya-upaya yang lain," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho kepada wartawan, Kamis (18/5/2023).

Baca juga: BSI dan BSSN Perkuat Sinergi Penanganan Serangan Siber

Meski begitu, Sandi mengatakan pihaknya tetap mempelajari data-data yang sudah dihimpun terkait kasus tersebut.

"Kalau secara pribadi atau mungkin tim dari Direktorat Siber tentunya sudah mengumpulkan data-data terkait hal tersebut," jelasnya.

"Supaya nantinya kalau ada pertanyaan ada laporan lebih lanjut pihak Siber juga bisa menindaklanjuti segera mungkin," imbuhnya.

Diketahui, Akun twiter @darktracer menyebut bahwa kelompok peretas LockBit 3.0 mengaku bertanggungjawab atas gangguan layanan pada Bank Syariah Indonesia (BSI).

Gangguan pada sistem perbankan yang telah berlangsung berhari-hari itu akibat serangan Ransomware.

Para peretas juga mengumumkan, mereka telah mencuri 15 juta data terkait pelanggan, karyawan, serta internal bank tersebut.

"Geng ransomware LockBit mengaku bertanggung jawab atas gangguan semua layanan di Bank Syariah Indonesia, menyatakan bahwa itu adalah akibat dari serangan mereka. Mereka juga mengumumkan telah mencuri 15 juta catatan pelanggan, informasi karyawan, dan sekitar 1,5 terabyte data internal," tulis akun itu yang dikutip pada Sabtu (13/05/2023).

Baca juga: BSI: Data & Dana Aman, Nasabah dapat Bertransaksi secara Aman

Dalam unggahan itu juga terlampir data-data yang telah mereka curi.

Peretas juga mengancam akan menjual belasan juta data tersebut ke web gelap, jika negosiasi gagal.

"Mereka selanjutnya mengancam akan merilis semua data di web gelap jika negosiasi gagal," lanjut cuitan tersebut

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat