androidvodic.com

Headset Mixed Reality Apple Dirilis Juni 2023, Siap Sapa Penggemar di WWDC 2023 - News

Laporan Wartawan News, Namira Yunia Lestanti

News, CALIFORNIA – Di tengah redupnya popularitas Metaverse, Apple justru bersiap untuk meluncurkan headset realitas campuran (mixed reality) secara perdana pada Juni 2023.

Informasi tersebut diketahui publik lewat cuitan jurnalis Bloomberg Mark Gurman.

Dalam cuitan tersebut Gurman menyebut perusahaan Apple saat ini tengah mempersiapkan perilisan headset AR/VR, agar dapat dipamerkan dalam ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) yang diselenggarakan pada bulan depan.

Baca juga: Industri Ruang Virtual Boncos, Perusahaan Investasi AS Tutup Layanan ETF Metaverse

Apple hingga kini masih belum memberikan keterangan resmi, namun peluncuran headset AR/VR ini diprediksi dapat menggebrak kembali pasar Metaverse yang sebelumnya sempat meredup. Mengingat peluncuran headset AR/VR telah lama ditunggu- tunggu oleh para fanboy Apple.

Di buat khusus, headset AR/VR besutan Apple tak hanya menampilkan konten 3D dalam tampilan VR. Namun headset ini dapat membawa sensasi real time pada para penggunanya.

Untuk spesifikasi, Apple melengkapi rangkaian perangkat headset AR/VR dengan micro OLED serta dua buah chip utama, dua buah 4K micro LED display, 15 optical module, eye tracking, Wi-Fi 6E, dan berbagai kamera sensor.

Sehingga perangkat headset virtual ini dapat mendeteksi pergerakan mata dan tangan pengguna serta dapat merekonstruksi tampilan dari dunia nyata di sekitar headset.

Tak hanya itu headset VR/AR Apple juga turut menggulirkan beberapa pembaruan anyar, salah satunya fitur Emergency SOS via Satellite yang dirilis untuk membantu pengguna mengirimkan lokasi dan informasi penting dalam keadaan mendesak.

Baca juga: Apa Itu Google Bard? Obrolan AI Mirip ChatGPT, Beserta Cara Pakainya

Dengan semua kecanggihan tersebut, headset AR/VR besutan Apple diperkirakan meluncur ke pasar global pada Juni mendatang dengan kisaran harga 3.000 dolar AS.

Semua peluncuran ini dilakukan Apple untuk mengejar ketertinggalan perusahaan dengan para kompetitor yang telah lebih dulu terjun ke dunia AR/VR, seperti Microsoft yang sudah meluncurkan kacamata AR Hololens, dan Meta yang dikabarkan tengah mengembangkan dunia virtual di metaverse.

Selain itu peluncuran headset AR/VR Apple juga dimaksudkan untuk menggenjot pendapatan perusahaan yang belakangan terus mengalami penurunan menyusul dengan adanya ancaman krisis yang terus menghantam industri teknologi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat