androidvodic.com

Popularitas Tiktok Kalahkan Instagram, Bulan Ini Pecah Rekor 54 Juta Kali Unduhan - News

Laporan Wartawan News Namira Yunia Lestanti

News, BEIJING – Dalam sebulan terakhir popularitas TikTok melonjak tinggi, hingga membuat platform media sosial asal China ini menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia selama bulan Agustus 2023.

TikTok mengalami lonjakan unduhan sebanyak 54 juta kali di App Store maupun Play Store. Berkat pencapaian tersebut, TikTok berhasil menggeser posisi Instagram sebagai aplikasi terpopuler sepanjang masa,

Menurut catatan App Figure, pada Desember tahun lalu Instagram menduduki peringkat pertama dalam kategori aplikasi terpopuler dengan jumlah unduhan terbanyak.

Namun memasuki awal tahun hingga Agustus 2023, jumlah unduhan TikTok naik jadi 54 juta kali sementara Instagram hanya mencatatkan unduhan 52 juta kali.

Berbanding terbalik dengan TikTok, jumlah unduhan aplikasi Telegram justru turun tipis jadi 25 juta kali. Sementara Facebook hanya diunduh sebanyak 42 juta kali dan Whatsapp 37 juta kali.

Sayangnya ditengah popularitas TikTok yang sedang naik daun, aplikasi besutan perusahaan ByteDance justru diboikot pemerintah Amerika dengan alasan membahayakan keamanan nasional.

TikTok juga tersandung kasus keamanan hingga disinformasi di berbagai negara, seperti di Australia, Inggris, negara-negara Eropa, Malaysia, Kanada, Selandia Baru.

Baca juga: Kalahkan Dominasi Amazon, TikTok Shop Tebar Diskon Untuk Warga AS

Baru-baru ini, platform di bawah naungan ByteDance ini dijatuhi denda sebesar 245 dolar AS oleh pemerintah Uni Eropa lantaran dituduh melanggar aturan privasi untuk data personal anak di bawah umur.

Laba TikTok Naik

Meski mendapat sejumlah tekanan namun TikTok sukses mencatatkan lonjakan laba yang tajam selama setahun terakhir.

Pendapatan Tiktok sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA), dari perusahaan induk TiKTok yakni ByteDance melonjak 79 persen menjadi sekitar 25 miliar dolar AS.

Menurut laporan We Are Social, aplikasi video pendek ini telah sukses memikat 1,09 miliar pengguna di seluruh dunia per April 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat