androidvodic.com

Menkominfo Budi Arie Targetkan 5 Ribu BTS 4G Selesai: Tahun Ini Bisa On Air - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menargetkan seluruh BTS 4G dapat selesai dan beroperasi penuh guna melayani masyarakat.

“Targetnya 5.000 BTS bisa diselesaikan dan melayani masyarakat. Jadi, akhir tahun ini bisa on air,” kata Budi dalam keterangannya, Sabtu (14/10/2023).

Budi optimis BTS di daerah tertinggal, terpencil, dan terdepan dapat segera rampung dan beroperasi melayani masyarakat.

Ia mengatakan, Satgas BAKTI Kominfo yang baru dibentuk nantinya akan melakukan koordinasi dengan penyelenggara layanan telekomunikasi seluler.

"Termasuk melakukan review kontrak-kontrak lama supaya bisa segera mendukung akselerasi penyelesaian pembangunan BTS 4G,” ujar Budi.

Diketahui, Satgas BAKTI Kominfo dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Nomor 472 Tahun 2023 tentang Satuan Tugas Percepatan Penyelesaian dan Optimalisasi Program Penyediaan Infrastruktur Telekomunikasi dan Informasi pada Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Satgas BAKTI Kominfo dipimpin Staf Khusus Menteri Kominfo Sarwoto Atmosutarno.

Selain dari Kementerian Kominfo, Satgas BAKTI Kominfo juga melibatkan perwakilan Kementerian Keuangan, Kejaksaan Agung, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Sarwoto mengatakan, Satgas BAKTI Kominfo akan menyusun sejumlah rekomendasi kepada BAKTI Kominfo untuk merampungkan pembangunan BTS 4G.

Baca juga: Menkominfo Bentuk Satgas BAKTI Kominfo untuk Percepat Penyelesaian BTS 4G

“Kami optimis. Tetapi, BAKTI Kominfo ini bukan hanya selesai dengan BTS. Tugas BAKTI Kominfo masih banyak,” ujar Sarwoto.

Ia mengatakan, BAKTI Kominfo juga bertanggung jawab dalam mengoperasikan dan memanfaatkan SATRIA-1, penyediaan jaringan serat optik Palapa Ring, penyediaan Hot Backup Satellite (HBS), serta SATRIA-2.

Adapun tugas Satgas BAKTI Kominfo akan berjalan hingga Oktober 2024 sesuai dengan masa jabatan Menteri Kominfo saat ini.

Baca juga: Kemenkominfo Buka Lowongan Kerja Direktur BAKTI, Pendaftaran hingga 11 Oktober 2023

“Ini sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo ke Bapak Menteri Kominfo. Sekarang, Bapak Menteri Kominfo mengarahkan kepada Satgas 4G BTS dan seluruh jajaran Kominfo untuk bekerja sama dengan teman-teman dari jajaran kementerian/lembaga lainnya terkait dengan penyelesaian BTS 4G yang secara short term harus diselesaikan,” kata Sarwoto.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat