androidvodic.com

Institusi Pendidikan Didorong Adopsi Konten Video Pendek untuk Laporan Tugas Para Siswa - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Platform media sosial video pendek SnackVideo mendorong terciptanya kolaborasi sehingga masyarakat dapat memanfaatkan video pendek secara kreatif untuk mendukung perkembangan dan kemajuan diberbagai bidang.

Kali ini, pihaknya mengadakan kolaborasi dengan institusi pendidikan SMA 1 PSKD Jakarta dalam bentuk seminar dan workshop tentang digitalisasi pendidikan dan perkembangan video pendek di Indonesia.

Seminar dan workshop tersebut berlangsung pada Kamis, 5 Oktober 2023 yang diikuti oleh para siswa, guru, maupun pihak manajemen sekolah di kantor SnackVideo Indonesia di The Plaza Office Tower, Jakarta Pusat.

Baca juga: Pemerintah Siap Gelontorkan Rp250 Miliar untuk Tingkatkan Mutu Pendidikan Pesantren

SMA 1 PSKD Jakarta merupakan salah satu sekolah yang telah menerapkan digitalisasi pendidikan dalam proses belajar mengajar.

Sekolah ini telah menjalankan beberapa program digital diantaranya adalah program Online Media dan Broadcasting (OMB) yang diterapkan sejak tahun 2018.

Adapun tujuan dari program ini untuk membantu para siswa mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka di bidang konten dan media online.

Pada penerapan program tersebut, SMA 1 PSKD membiasakan para siswa nya untuk membuat laporan tugas dalam bentuk video pendek dan live streaming dengan memanfaatkan platform SnackVideo.

Selain program Online Media dan Broadcasting, SMA 1 PSKD Jakarta juga dikenal sebagai salah satu institusi pendidikan yang telah mengadopsi esport ke dalam program sekolah sejak tahun 2016, dimana program pembinaan esport di sekolah ini menjadi yang paling pertama di Indonesia.

Head of Marketing SnackVideo Indonesia Dina Bhirawa mengatakan kolaborasi dengan institusi pendidikan seperti SMA 1 PSKD Jakarta diharapkan akan memperkaya konten video pendek yang informatif dan edukatif.

Baca juga: Lestari Moerdijat: Kemudahan Akses Pendidikan Harus Konsisten Diwujudkan

Misalnya video pendek berisi materi pelajaran yang dibuat secara kreatif, tidak hanya membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan bagi para siswa, tetapi juga menarik bagi masyarakat umum karena dapat menambah pengetahuan.

“Sedangkan inisiatif menarik yang mengajak para siswa untuk meng-upload laporan tugas dalam bentuk video pendek di SnackVideo dapat menjadi contoh bagi institusi pendidikan lainnya tentang digitalisasi pendidikan,“ jelas Dina dalam keterangan Minggu (15/10/2023).

Menurutnya, pihak sekolah harus jeli melihat dan memilih bentuk digitalisasi pendidikan yang paling sesuai untuk para siswa di sekolahnya.

Menggunakan video pendek untuk penyampaian materi pelajaran, seperti yang telah dilakukan oleh SMA 1 PSKD Jakarta, merupakan langkah yang tepat, apalagi saat ini semakin banyak masyarakat Indonesia yang menonton video pendek lewat berbagai platform.

Kepala Sekolah SMA 1 PSKD Yohannes Siagian mendorong para siswa untuk tak hanya berprestasi di bidang akademik, tapi juga non-akademik.

“Bagi kami, esports saat ini tidak lagi hanya tentang bermain game, tetapi juga mengajarkan berbagai hal yang perlu dikuasai oleh siswa agar ia dapat berkembang dan secara tidak langsung membantu meningkatkan prestasi akademik,” imbuhnya.

Di sisi lain, pembuatan tugas menggunakan platform video pendek juga mengasah kreativitas para siswa sehingga kami berharap dengan adanya program Online Media dan Broadcasting ini akan membantu para siswa dalam mempersiapkan talenta digital.

“Kami juga percaya bahwa dunia saat ini sedang berada dalam suatu attention economy dan bahwa salah satu penggerak utama dalam ekonomi tersebut adalah konten dan platform digital,” ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat