androidvodic.com

Foxconn dan Nvidia Jalin Kemitraan Bersama, Siap Bangun Pabrik Chip AI - News

Laporan Wartawan News, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, TAIPEI – Produsen elektronik asal Taiwan, Foxconn dikabarkan telah menjalin kerja sama dengan pembuat chip Nvidia dan berencana mendirikan fasilitas manufaktur chip berbasis kecerdasan buatan (AI) untuk berbagai aplikasi, termasuk mobil self-driving.

Saat berbagi panggung di pameran teknologi tahunan Foxconn di Taipei pada Rabu (18/10/2023), Ketua Foxconn Liu Young-way dan CEO Nvidia Jensen Huang mengatakan perusahaan mereka akan membangun “pabrik chip AI” ini bersama-sama.

“Jenis manufaktur baru telah muncul. Dan pusat data yang memproduksinya adalah pabrik AI,” kata Huang, seraya menambahkan Foxconn memiliki keahlian dan skala untuk membangunnya secara global.

Baca juga: Gegara iPhone 15 Pro Max, Laba Foxconn pada September Anjlok

Sambil menunjukkan sketsa yang digambar tangan, Huang yang mengenakan jaket kulit hitam khasnya menjelaskan bagaimana “pabrik AI” dapat terus menerima dan memproses data dari kendaraan listrik otonom.

"Mobil ini tentu saja akan melalui pengalaman hidup dan mengumpulkan lebih banyak data. Data tersebut akan dikirim ke pabrik AI. Kemudian pabrik AI akan meningkatkan perangkat lunak dan memperbarui seluruh armada AI," jelas Huang.

"Di masa depan, setiap perusahaan, setiap industri, akan memiliki pabrik AI,” sambungnya.

Sementara itu, Foxconn ingin meniru tingkat keberhasilannya dalam merakit komputer pribadi dan ponsel pintar seiring dengan ekspansinya dalam pembuatan kendaraan listrik untuk perusahaan lain.

“Kami ingin secara bertahap beralih dari perusahaan jasa manufaktur menjadi perusahaan solusi platform," kata Liu.

Awal tahun ini, kedua perusahaan itu juga telah mengumumkan kemitraan untuk mengembangkan platform kendaraan otonom, di mana Foxconn akan memproduksi unit kontrol elektronik (ECU) untuk mobil berdasarkan chip DRIVE Orin milik Nvidia untuk dijual ke pasar global.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat