androidvodic.com

Menkominfo Budi Arie: Perjalanan Meningkatkan Literasi Digital Nasional Semakin Panjang - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan, perjalanan meningkatkan literasi digital nasional semakin panjang.

Awalnya, ia mengatakan bahwa Kementerian Kominfo telah menginisiasi Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) sejak 2017.

Gerakan tersebut untuk memperkuat percakapan digital dasar dan literasi digital masyarakat.

Baca juga: Kominfo Mendukung Penuh Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Keuskupan Agung Samarinda

Bahkan, gerakan ini juga untuk para orang tua memahami digital parenting yang saat ini semakin dibutuhkan karena dalam pengasuhan anak, sudah semakin akrab dengan dunia digital.

"Namun, meski telah berjalan selama 6 tahun lamanya, perjalanan untuk meningkatkan literasi digital nasional semakin panjang," kata Budi dalam acara Launching Literasi Digital kepada Keluarga Besar TNI (KBT) di Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Ia mengatakan, dari total 215 juta pengguna internet di Indonesia, hingga 16 Oktober 2023, baru dilakukan literasi kepada 23 juta orang, yang mana merupakan jumlah peserta GNLD.

Maka dari itu, Budi menekankan kolaborasi dengan berbagai pihak sebagai sesuatu yang penting dalam rangka mendorong upaya literasi digital nasional.

Usai acara, ia ditanya apa yang menjadi tantangan dalam menggencarkan literasi digital masyarakat.

Budi menjawab, ini bukan soal tantangan, melainkan soal proses.

"Bukan tantangan. Indonesia kan negara besar. Tunggu waktu saja. Kan kami terus bergerak. Ini kan soal tenaga juga. Mesti banyak orang," ujar Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (PROJO) itu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat