androidvodic.com

Didepak dari OpenAI, Sam Altman Umumkan Gabung ke Tim Riset Microsoft - News

Laporan Wartawan News Namira Yunia Lestanti

News, CALIFORNIA – Pasca OpenAI memecat Sam Altman dari kursi CEO, eksekutif teknologi paling terkemuka ini secara resmi bergabung ke perusahaan Microsoft sebagai pimpinan tim peneliti kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Kabar bergabungnya Sam Altman ke Microsoft diumumkan langsung oleh CEO Microsoft Satya Nadella, lewat sebuah cuitan di platform X. Mengutip dari The Verge, perekrutan Altman dilakukan Microsoft hanya beberapa jam setelah dewan OpenAI gagal membujuk Altman kembali sebagai CEO OpenAI.

Peluang ini lantas dimanfaatkan Microsoft, yang merupakan investor terbesar OpenAI.

Microsoft menilai Sam Altman adalah sosok yang dapat berkontribusi dalam menyukseskan program AI yang saat ini tengah digarap Microsoft, terlebih eksekutif kondang ini selama beberapa tahun terakhir terus mencatatkan prestasi yang luar biasa, salah satunya dengan meluncurkan aplikasi chatbot AI yang dinamai ChatGPT.

Baca juga: CEO OpenAI Sam Altman Dipecat dari Perusahaannya Sendiri, Disebut Tidak Jujur kepada Jajaran Direksi

"Kami sangat gembira menyampaikan bahwa Sam Altman dan Greg Brockman, bersama rekan-rekannya, akan bergabung dengan Microsoft untuk memimpin tim peneliti AI tingkat lanjut yang baru," tulis Satya Nadella.

“Kami berharap dapat bergerak cepat untuk menyediakan sumber daya yang dibutuhkan untuk kesuksesan mereka," tambah Nadella.

Selain Altman, Microsoft juga turut merekrut co-founder OpenAI, Greg Brockman, yang mengundurkan diri setelah Altman dipecat.

Rencananya Greg Brockman akan ditempatkan di tim peneliti kecerdasan buatan untuk membantu Sam membangun chip AI khusus yang dapat digunakan untuk melatih 'model bahasa besar'.

Juru bicara OpenAI tidak menanggapi komentar terkait bergabungnya Altman ke perusahaan Microsoft, namun kegagalan mengembalikan Altman ke posisinya diperkirakan dapat memperdalam krisis di internal OpenAI hingga berpotensi mengancam penurunan saham akibat hilangnya kepercayaan investor terhadap perusahaan.

Penyebab Sam Altman Dipecat OpenAI

Dalam pengumuman bertajuk “OpenAI announces leadership transition”, dewan direksi menjelaskan penyebab dipecatnya Sam Altman lantaran mantan bos OpenAI ini tidak jujur. Hal ini yang membuat, dewan direksi Open AI tidak lagi percaya pada kemampuan Altman untuk memimpin.

"Hengkangnya Altman mengikuti proses peninjauan yang disengaja oleh dewan, yang menyimpulkan bahwa dia tidak secara konsisten jujur dalam komunikasinya dengan dewan, sehingga menghambat kemampuan dewan untuk melaksanakan tanggung jawabnya,” kata pernyataan dewan.

Sementara itu, spekulasi lain yang beredar menyebut keputusan OpenAI untuk berpisah dengan Altman karena perbedaan pendapat yang signifikan antara CEO dan dewan direksi, terutama dengan Ilya Sutskever, salah satu pendiri dan kepala ilmuwan.

Adapun perbedaan pendapat tersebut berpusat pada keamanan AI, laju perkembangan teknologi, dan komersialisasi perusahaan.

OpenAI sendiri hingga kini belum menunjuk siapa sosok pengganti yang akan mengisi kursi kepemimpinan CEO, akan tetapi menurut memo internal perusahaan, disebut bahwa pengganti Altman untuk sementara adalah Mira Murati yang selama ini menjabat Chief Technology Officer (CTO) OpenAI.

Namun, melansir laporan The Information CEO OpenAI sementara akan dijabat oleh Emmet Shear, mantan bos Twitch layanan streaming game di bawah naungan Amazon.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat