androidvodic.com

Exynos 2400, The Next Flagship Chipset untuk Performa Gaming yang Makin Powerful! - News

News - Chipset boleh dibilang merupakan tulang punggung bagi sebuah perangkat smartphone. Jadi, wajar saja ketika ada smartphone keluaran terbaru, salah satu yang tidak luput dari pembahasan adalah chipset yang disematkan di dalamnya. 

Seiring perkembangan teknologi, chipset untuk smartphone pun terus mengalami kemajuan yang pesat. Salah satunya bisa dilihat lewat chipset terbaru dari Samsung, Chipset Exynos 2400, yang diklaim akan menggemparkan dunia gadget! 

Chipset Exynos 2400 dari samsung disebut sebut-sebagai the next flagship chipset yang menawarkan sejumlah peningkatan mengesankan untuk berbagai aktivitas, mulai dari performa gaming, kecerdasan buatan (AI) dan kemampuan visual yang realistis melalui teknologi Ray Tracing. 

Berikut ini sejumlah alasan mengapa Chipset Exynos 2400 bakalan menjadi chipset paling unggul untuk smartphone di masa mendatang; 

Baca juga: Samsung Bakal Sematkan Fitur AI di Smartphone Galaxy S24

1. Peningkatan kinerja CPU 1,7x

Saat Chipset Exynos 2400 didemonstrasikan di System LSI Tech Day 2023 pada awal Oktober lalu, Samsung mengejutkan banyak orang dengan peningkatan kinerja CPU yang 1,7 kali lebih cepat dibandingkan seri sebelumnya, Exynos 2200. 

Enggak heran, pasalnya CPU Exynos 2400 dibekali dengan satu Arm Cortex-X4 berperforma tinggi yang memiliki clock 3,1 GHz dan juga memiliki dua core Cortex-A720 pada 2,9 GH dan dua A720 pada 2,6 GHz. Kemudian, ada juga empat core Cortex-A520 hemat daya dengan clock hingga 1,8GHz!

Lewat peningkatan ini, Exynos 2400 diharapkan memberikan performa maksimal dengan sedikit atau tanpa perlambatan ketika menikmati game favorit. 

2. Kinerja AI meningkat hingga 14,7x

Tidak hanya pada aspek CPU, kemampuan kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI) Exynos 2400 juga hadir dengan peningkatan yang impresif, yakni mencapai lonjakan sebesar 14,7 kali lipat dari seri sebelumnya. 

Salah satu kemampuan yang didemonstrasikan oleh AI Exynos 2400 adalah fungsi penerjemahan teks menjadi gambar, yang rencananya akan disematkan pada smartphone Galaxy di masa mendatang.

Terkait dengan AI, Presiden Samsung Electronics Yong-in Park mengungkapkan bahwa teknologi dasar yang lebih kuat diperlukan untuk memproses data dan mewujudkan AI. Inilah yang berusaha dihadirkan oleh Samsung melalui teknologi AI-nya. 

“Kami membuka jalan menuju era baru AI proaktif, memanfaatkan platform Samsung System LSI Humanoid kami, yang secara mulus menyatukan kemampuan kami di spektrum semikonduktor logika yang luas, mulai dari IP komputasi yang kuat, solusi konektivitas hingga sensor yang meniru lima indera utama manusia,” jelas Yong-In Park, Presiden dan Kepala Sistem LSI Business di Samsung Electronics. 

Baca juga: Samsung Luncurkan Model AI Generatif Baru, Bakal Hadir di Seluruh Perangkat

3. Kemampuan Ray Tracing untuk visual yang lebih realistis

Kemampuan ray tracing Exynos 2400 juga diklaim jauh lebih baik dan lebih realistis, terutama berkat GPU Xclipse 940. Dengan GPU yang berdasarkan arsitektur GPU terbaru AMD RDNA3, chipset ini menawarkan performa grafis dua kali lipat dibandingkan pendahulunya. 

GPU Xclipse 940 memiliki 12 inti GPU, yang akan memberikan perpaduan harmonis antara daya dan efisiensi. 

Nah, keunggulan ini akan membuat pengalaman gaming jadi lebih realistis, seperti pantulan yang lebih akurat dan rendering bayangan yang lebih dalam, sehingga menciptakan atmosfer yang lebih imersif untuk para gamers. 

Era baru smartphone dengan Chipset Exynos 2400

Sebagai pendahulunya, Exynos 2200 yang dibekali CPU Octa-core yang kuat dengan arsitektur tri-cluster, telah mampu memberikan performa terbaik saat bermain game, multitasking, maupun rendering video gameplay dengan lebih cepat. 

Tentunya, dengan segala peningkatan pada Exynos 2400 yang sudah dijelaskan, pengguna bakal mendapatkan pengalaman gaming yang lebih powerful lagi dari sebelumnya. 

Dimulai dari peningkatan kinerja CPU, performa AI yang luar biasa hingga teknologi ray tracing termutakhir, chipset ini akan menghadirkan frame rate yang tinggi dan grafis yang memukau pada smartphone, khususnya ketika bermain game.

Baca juga: Samsung Galaxy S24 Diprediksi Akan Punya Fitur Komunikasi Satelit

Dengan kata lain, Exynos 2400 dari Samsung tidak hanya memberikan pengalaman gaming mobile ke level yang lebih tinggi, namun juga menandai sebuah era baru dalam perangkat mobile dengan chipset kuat, sehingga gaming lebih seru dan mengesankan. 

Belum ada rilis resmi dari Samsung terkait lini produk terbaru yang akan menggunakan Chipset Exynos 2400 ini. Namun sejumlah media teknologi memperkirakan chipset berkekuatan ‘badak’ ini akan digunakan di ponsel flagship Samsung yang akan datang, yaitu seri Galaxy S24 yang dirumorkan akan rilis pada awal tahun 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat