androidvodic.com

Jokowi Resmikan Pengoperasian Sinyal BTS 4G dan Satria-1 di Kepulauan Talaud - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, SULAWESI UTARA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian sinyal Base Transceiver Station (BTS) 4G Bakti Kominfo dan pengoperasian integrasi Satelit Republik Indonesia (Satria)-1 di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Kamis (28/12/2023).

Jokowi dalam sambutannya menegaskan, desa tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) kini mendapatkan akses internet.

"Dengan memohon berkah dan anugerah Tuhan Yang Maha Esa saya resmikan pengoperasian sinyal BTS 4G Bakti dan akses internet di desa 3T serta pengoperasian integrasi Satelit Republik Indonesia (Satria)," kata Jokowi.

Presiken Jokowi memaparkan, sebanyak 4.988 BTS dari total target 5.618 BTS telah beroperasi hingga Desember 2023.

Masih tersisa 630 BTS lagi yang pembangunannya ditargetkan rampung semester I 2024.

Menurutnya, Indonesia memiliki 17 ribu pulau dengan beragam kondisi geografis sehingga pembangunan infrastruktur memiliki tantangan.

"Kita membutuhkan konektivitas untuk menjangkau, untuk menghubungkan dari satu pulau ke pulau lain, satu provinsi ke provinsi lain, satu daerah ke daerah lain dalam rangka untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa," ucap Jokowi.

Jokowi meminta agar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi dapat menyelesaikan sisa pembangunan BTS 4G.

Menkominfo Budi Arie Setiadi menyampaikan tahap pertama pembangunan BTS telah rampung di 1.682 lokasi dan seluruhnya telah migrasi ke layanan jaringan 4G pada tahun yang sama.

Baca juga: Kominfo Segera Layangan Teguran ke Platform X, Minta Tindak Iklan Judi Online

Pada tahap kedua pembangunan dilakukan di 5.618 lokasi yang dibagi menjadi dua fase. 

Fase 1 pada 2021 di 4.112 lokasi dan fase 2 pada 2022 di 1.506 lokasi. 

Budi Arie menyebut pembangunan difokuskan pada wilayah 3T, dengan 76 persen cakupannya berada di timur Indonesia yaitu wilayah Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Per 26 Desember 2023, seluruh BTS 4G tahap 1 telah on-air di 1.682 lokasi, sementara tahap 2 sebanyak 4.990 lokasi telah on-air dari keseluruhan target.

"Sejumlah 628 lokasi belum on-air itu karena mayoritas diakibatkan status kahar keamanan di Papua dan kesulitan mobilisasi material ke lokasi," jelas Budi Arie.

Baca juga: Jokowi Akui Sempat Cemas Proyek Pembangunan BTS 4G Akan Mangkrak Akibat Korupsi

Menkominfo meminta dukungan dari Panglim TNI Jenderal Agus Subiyanto yang turut hadir agar pembangunan di wilayah Papua bisa terlaksana.

"Memang tantangan geografisnya dan juga hal-hal yang menyangkut lingkungan dan sebagainya memang selalu menjadi tantangan di Papua," imbuhnya.

Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian sinyal Base Transceiver Station (BTS) 4G Bakti Kominfo dan pengoperasian integrasi Satelit Republik Indonesia (Satria)-1 di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Kamis (28/12/2023).
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat