androidvodic.com

Menkominfo Budi Arie Targetkan Pembangunan 7.200 Menara BTS 4G Rampung Semester I 2024 - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menargetkan keseluruhan pembangunan Base Transceiver Station (BTS) 4G sebanyak 7.200 tuntas pada semester I 2024.

Pembangunan BTS 4G oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo ini akan berada di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

Diketahui, 7.200 BTS ini merupakan angka target keseluruhan, di mana 1.800 dibangun oleh operator seluler. Adapun pemerintah hingga akhir tahun ini telah merampungkan sebanyak 4.990 BTS.

Baca juga: Jokowi Singgung Kasus Korupsi Saat Resmikan Menara BTS 4G Kominfo di Kepulauan Talaud

"Tiga bulan mudah-mudahan kita bisa selesaikan yang di daerah kahar, khususnya di Papua," kata Budi dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (29/12/2023).

Budi menegaskan ketersediaan konektivitas internet merupakan hak rakyat agar lebih mudah dalam memperoleh informasi.

Oleh karena itu, ia mengapresasi dukungan semua pihak yang ikut berperan dalam membantu percepatan pembangunan BTS 4G BAKTI Kominfo.

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada sejumlah pihak yang telah membantu proses percepatan pembangunan BTS BAKTI Kominfo seperti Kejaksaan Agung, BPKP, dan Kementerian Keuangan.

Sebagai informasi, pada akhir tahun ini, BAKTI Kominfo telah menyelesaikan pembangunan 4.990 BTS 4G.

Sementara itu, pembangunan 630 BTS 4G yang tersisa akan dilakukan dengan kerja sama TNI dan Polri.

"Kita sama-sama membereskan pembangunan BTS yang di daerah Papua karena memang tantangan geografisnya dan juga hal-hal yang menyangkut lingkungan dan sebagainya memang menjadi tantangan tersendiri di Papua," ujar Budi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat