androidvodic.com

Mengenal Catfishing, Dampak Bagi Pelaku dan Korban hingga Cara Menghindari - News

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto 

News, JAKARTA - Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Tahun 2023, pengguna internet di Indonesia mencapai 215,62 juta atau setara 78,19 persen dari total populasi Indonesia.

Di saat yang bersamaan, pertumbuhan pengguna yang masif ini membuka ruang yang lebih luas terhadap potensi meningkatnya penyalahgunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), maupun internet, salah satunya catfishing

Istilah catfishing yang muncul  pertama kali pada 2010 lewat sebuah film dokumenter tidak begitu populer dibandingkan berbagai kejahatan di dunia maya lainnnya namun banyak terjadi saat komunikasi di dunia maya.

Baca juga: Mengenal Fenomena Catfishing dan Cara Menghindarinya: Hati-hati Saat Mengunggah Data Pribadi  

Founder Hermana Boots & Trainer Adopsi Digital DEA KOMINFO Anggraini Hermana mengatakan, catfishing merupakan praktik saat seseorang menciptakan identitas palsu atau mengaku menjadi orang lain secara online yang biasanya dengan tujuan menipu, merayu atau memanipulasi orang lain.

Perilaku ini bertujuan untuk memikat seseorang yang biasanya berkedok romantisme.

"Ciri-ciri dari catfishing adalah menggunakan identitas dan foto palsu,  informasinya tidak konsisten dan mencurigakan dan terkadang pelaku menolak diajak bertemu langsung atau sekadar lewat video call (panggilan video)," kata Anggraini saat webinar #MakinCakapDigital 2024, bertema Catfishing: Kebohongan Digital dan Strategi Bijak Menavigasinya belum lama ini.

Alasan melakukan catfishing karena pelaku merasa tidak percaya diri, memiliki tujuan kriminal, depresi, atau bisa juga untuk tujuan penipuan finansial.

"Dampaknya bagi pelaku, catfishing dapat merusak mental sementara bagi korban, selain dapat menyebabkan kerugian finansial, bisa menurunkan kepercayaan terhadap orang lain," katanya.

Anggota Jaringan Pegiat Literasi Digital  (Japelidi),  Ade Irma Sukmawati  mengatakan, pelaku catfishing banyak menggunakan medium digital dalam menjalankan aksinya sehingga itu jadi alasan pelaku enggan atau menolak diajak bertemu langsung.

"Dibutuhkan kewaspadaan saat berinteraksi online sebab, banyak sekali identitas anonim di ruang digital saat ini," ucapnya.

Baca juga: Pengguna Internet Diminta Waspadai Fenomena Catfishing, Ini Tips Menghindarinya

Ade menambahkan, tidak ada yang aman 100 persen di dunia digital yang bisa dilakukan adalah dengan meminimalkan risiko menjadi sekecil mungkin.

Selain itu, dibutuhkan daya kritis atas setiap informasi yang diperoleh dari dunia maya.

Wakil Koordinator Mafindo Semarang Fiskal Purbawan memberikan sejumlah tips berupa langkah cerdas agar terhindar dari catfishing.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat