androidvodic.com

Huawei dan Telkomsel Beberkan Strategi Kunci untuk Dorong Transformasi Digital di Indonesia - News

News, JAKARTA - Konektivitas yang terus dibangun oleh operator telekomunikasi menjadi tumpuan utama bagi tumbuh dan berkembangnya ekosistem digital.

Transformasi digital yang dijalankan oleh berbagai sektor industri selama ini terbukti mampu meningkatkan skala dan kemampuan bisnis, mendukung efisiensi operasional perusahaan, serta meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan.

“Trend digitalisasi, IoT, dan kombinasi dunia nyata dengan dunia digital adalah pengubah permainan, untuk menghadapi beragam tantangan sekaligus menangkap peluang yang berharga di masa depan,” ujar CEO and Editor in Chief Selular Media Network (SMN) Uday Rayana di acara diskusi panel Digital Transformation Trend 2024 mengangkat tema Digital Innovation, Digital Everywhere di Jakarta, Kamis, 25 April 2024.

Mohamad Rosidi, Director ICT Strategy & Business Huawei Indonesia membeberkan ada 3 kunci keberhasilan untuk transformasi digital menuju 5G yang dijalankan di Indonesia.

Baca juga: Huawei Mulai Garap Ponsel Lipat Tiga, Bakal Debut pada Kuartal II 2024

"Transformasi digital yang saat ini kita jalankan adalah era mendorong konektivitas. Tiga kata kuncinya, pertama adalah perencanaan Full Fiber Giga City Plan, yakni penetapan semua konektivitas serat ke target area menjadi broadband Gigacity," ujar Mohamad Rosidi.

"Harus ada perencanaan nasional oleh pemerintah didukung kesiapan talenta digital," lanjutnya.

"Kedua adalah Full Fiber Policy, termasuk bagaimana menyehatkan bisnis telko di Tanah Air secara bersama-sama baik bisnis B2B maupun yang B2C. Butuh proses insetif dari Pemerintah untuk industri dan ekosistem," sebutnya.

Full Fiber Policy, di antaranya bisa diterapkan melalui Right of Way atau persetujuan terpadu, infrastructure sharing, hingga infrastruktur fiber pre-deployment atau menyediakan pipa/jalan untuk kontruksi fiber di gedung.

"Karena itu, antar stake holder perlu membentuk kolaborasi yang matang," ungkapnya.

Ketiga, adalah kebijakan Insentif Finansial. "Untuk financial incentives yakni alokasi anggaran untuk penerapan fiber hingga relaksasi pajak, misalnya insentif pajak kepada ISP, pemain fiber sebagai subsidi tidak langsung," sambungnya.

Ronald Limoa, VP Technology Strategy and Consumer Product Innovation Telkomsel mengatakan sejak berdiri di 1995, Telkomsel selalu melakukan inovasi.

Di 2024 ini Telkomsel menjalankan sejumlah inovasi, antara lain memperluas jaringan 5G, Baggage Movement Tracking hingga IoT Connected Smart Highway.

"Baggage Movement Tracking adalah teknologi RFID untuk melacak pergerakan bagasi di dalam bandara," ujar Ronald.

"Karena terintegrasi dengan aplikasi yang mudah digunakan, penumpang dapat dengan mudah memantau lokasi bagasi mereka secara real-time sepanjang perjalanan," lanjutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat