androidvodic.com

Talenta Akselerator 2024 Jadi Katalis Transformasi Digital di Indonesia - News

News - Program Talenta Akselerator 2024 kembali digulirkan untuk tahun kedua penyelenggaraan melalui acara Plenary Talenta Acceleration: Unleashing Potential, Accelerating Growth yang digelar di @america Pacific Place, Jakarta.

Program ini digulirkan sebagai katalis transformasi digital di Indonesia sekaligus memperkuat fondasi ekonomi negara melalui teknologi dan diinisiasi oleh PT Data Sinergitama Jaya Tbk (Elitery) bekerja sama dengan USAID dan Amazon Web Service (AWS).

President Director Elitery Kresna Adiprawira mengatakan di tahun pertama, program ini  berhasil melibatkan 32 startup dalam program akselerasi.

Baca juga: Kejahatan Digital Makin Marak, OJK Minta Pelajar dan Mahasiswa Tidak Terjerat Sikap FOMO

Program tahun kedua dirancang untuk mendorong lebih banyak lagi startup tahap awal yang potensial di industri EdTech, HealthTech, AgriTech, GovTech, dan smart cities, dengan menyediakan sumber daya esensial yang membantu startup mendapatkan akses ke modal ventura dan menciptakan dampak sosio ekonomi yang signifikan.

"Dari 35 startup yang mengikuti program Talenta Akselerator 2024, terdapat tiga industri yang paling banyak diikuti yakni HealthTech (8 startup), AgriTech (8 startup), dan EdTech sebanyak 6 startup," ungkap Kresna dikutip Selasa, 25 Juni 2024.

Dia mengatakan, program tahun ini juga dihadiri dua startup Talenta 2023, yaitu MomWork dan KlinikGo, yang mewakili sektor HealthTech dan EdTech, dan memberikan sesi sharing inspirasi untuk para peserta.

Talenta Akselerator 2024 didukung penuh Elite Academy, Think.Web dan Impactto. Nantinya, peserta yang terpilih mendapat kesempatan untuk meningkatkan kapasitas inovasi dan daya saing mereka di pasar global melalui akses ke teknologi cloud AWS terdepan serta bimbingan dari para pemimpin industri.

"Melalui program Talenta Akselerator ini diharapkan dapat menjadi cikal bakal dalam mempersiapkan usaha kecil dan menengah untuk menghadapi pertumbuhan digitalisasi pasar di masa depan," lanjutnya.

Program ini juga berperan penting dalam menghadapi tantangan transformasi digital dan memberikan landasan yang kuat untuk memajukan ekonomi digital Indonesia.

President Director Elite Academy Ahmad Gilang menambahkan program ini menawarkan pendekatan hybrid, menggabungkan sesi interaktif online dan pertemuan tatap muka yang menghadirkan kelas akselerator, workshop, dan sesi pendampingan.

Baca juga: Polri Luncurkan Layanan Izin Event Digital, Kapolri Pastikan Urus Izin Tak akan Berbelit-belit

"Semua dirancang khusus untuk mengasah kemampuan startup dalam mempresentasikan model bisnis mereka kepada panel investor dan kapitalis ventura yang berpengalaman dengan tujuan untuk mendapatkan pendanaan dan kemitraan strategis," tutur Ahmad.

Ahmad menyampaikan program Talenta Akselerator 2024 juga memberi perhatian khusus pada inklusivitas dan keragaman.

"Ini tercermin dari kurikulum akselerator yang berfokus pada pembentukan lingkungan kerja inklusif, integrasi keberagaman, segmentasi pasar yang efektif, validasi bisnis yang solid, pengembangan produk minimum viable (MVP), serta strategi keberlanjutan yang kokoh untuk startup dan ekosistem mereka," kata dia.

Peluncuran program ini dihadiri Senior Partner Account Manager AWS Kurniawan Wiraatmadja, Deputy Director of Acquisition and Assistance Office Usaid Indonesia Brian Chang, dan President Director Elite Academy Ahmad Gilang serta 35 startup terpilih dari total 75 pendaftar, para alumni program 2023, serta berbagai stakeholder penting lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat