androidvodic.com

4 Tips Agar Anak Tetap Happy Selama Pembelajaran Tatap Muka (PTM) - News

News, JAKARTA - Selama pandemi Covid-19, pembelajaran di Indonesia menggunakan sistem daring. Pembelajaran dari rumah ini membuat orang tua maupun keluarga dapat beradaptasi dan pada akhirnya dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman untuk anak dari rumah.

Sistem daring ini sudah mencakup berbagai kegiatan sehari-hari, mulai dari kegiatan belajar di sekolah, menghadiri kursus atau ekstrakulikuler, hingga aktivitas refreshing lainnya. Semua kegiatan tersebut disesuaikan agar dapat aman sekaligus efektif walau dilakukan dari rumah.

Walaupun pembelajaran daring bisa menyenangkan, namun Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah bisa jauh menambah keseruan bagi anak. Misalnya saja anak-anak bisa berinteraksi secara langsung dengan teman, mendapat penjelasan pelajaran dari guru secara langsung, hingga bermain bersama kawan di jam istirahat.

Baca juga: PTM 100 Persen Dinilai Tak Relevan Dilakukan Saat Ini, Pakar Epidemiologi Jelaskan Alasannya

Namun, kegiatan PTM ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagi anak maupun orang tua dalam beradaptasi kembali dengan rutinitas baru. Salah satu kiat yang bisa diterapkan oleh orang tua agar proses adaptasi berjalan dengan lancar ialah dengan menjaga mood si kecil agar tetap senang untuk datang ke sekolah.

Berikut ini 4 tips agar orang tua dan anak tetap happy selama kegiatan PTM:

Membawa bekal sehat dari rumah

Asupan makanan bergizi sangat penting di masa pandemi seperti ini, dengan membawa bekal dari rumah, gizi serta kulitas bahan baku dapat terjamin. Selain itu, orang tua juga bisa mengkreasikan aneka menu bekal untuk anak agar semakin bersemangat ke sekolah. Tak perlu repot, kini bahan masakan segar terbaik dapat dipesan melalui platform belanja makanan online seperti Pasarnow dan IDMarco.

Tak hanya bahan baku, namun makanan siap saji yang praktis dan tentunya terjamin pun ada, seperti Solaria, DCOST, Eatlah, Hokben, Salad Bowl, hingga SaladStop!. Orang tua pun bisa menambahkan snack tambahan bernutrisi seperti susu dan juga biskuit. Bekal praktis untuk anak siap dihidangkan dan orang tua tak perlu khawatir cucian menumpuk!

Kenali gaya belajar anak

Mengetahui apa yang disukai anak-anak adalah salah satu cara jitu untuk meningkatkan semangat belajar anak di sekolah. Setiap anak pun pastinya memiliki cara belajar yang berbeda untuk mata pelajaran yang berbeda pula.

Baca juga: Kampanye 2.2 COD Sale, Shopee Hadirkan Berbagai Promo Menarik untuk Belanja Praktis!

Pada dasarnya, gaya belajar mencakup 4 tipe, yakni:

1. Visual, yaitu mengandalkan indra penglihatan
2. Auditori, yaitu memanfaatkan pendengaran
3. Kinestik, yaitu menggunakan gerakan fisik
4. Linguistik, yaitu belajar dengan memakai verbal atau kata-kata

Dengan mengetahui gaya belajar pada anak, orang tua dapat memaksimalkan lingkung pembelajaran pada anak. Platform edukasi online seperti Zenius, Education, sekolah.mu, atau Cabaca dapat menggali potensi pada anak. Proses pembelajaran yang menyenangkan dapat meminimalisir anak rewel ketika belajar.

Jadwalkan pemeriksaan kesehatan rutin

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat