androidvodic.com

Kominfo Dorong UMKM Papua Barat Siap Hadapi Era Revolusi Industri 4.0 - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Direktorat Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong UMKM Papua Barat untuk segera go online bersiap menghadapi era revolusi industri 4.0.

Direktur Ekonomi Digital I Kominfo Nyoman Adhiarna menyampaikan pemerintah terus mendorong pemanfaatan teknologi digital bagi pelaku usaha di Indonesia timur.

"Dengan mengadopsi berbagai teknologi digital UMKM akan mampu meningkatkan laba dengan cara memperluas pemasaran dan mempermudah proses bisnisnya," katanya dalam workshop, dikutip Jumat (29/7/2022).

Baca juga: Dirjen Kominfo: Digital Ekonomi Jadi Faktor Indonesia Aman dari Jurang Krisis

Adhiarna menuturkan banyak para pengusaha muda yang sedang merintis usaha dan pengusaha besar yang sudah menghasilkan produk-produk olahan namun belum dapat memanfaatkan kemudahan akses pemasaran.

Menurutnya, aplikasi digital harus betul-betul dimanfaatkan karena memberikan nilai benefit yang besar.

Baca juga: Kominfo Dorong Pemanfaatan Teknologi Digital Para Pelaku UMKM

"Melalui workshop UMKM Go Online kita mendampingi pelaku UMKM langkah demi langkah menggunakan aplikasi-aplikasi digital untuk membantu proses bisnis, mulai dari membuka toko online hingga pemakaian aggregator," ungkapnya.

Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis Deputi Kewirausahaan KemenkopUKM Irwansyah Putra menegaskan bahwa pihaknya akan terus menghubungkan UMKM dari hulu hingga hilir, mulai dari akses pembiayaan, kurasi, kemasan, logistik hingga pemasaran.

Ia menjelaskan workshop kali ini adalah salah satu bentuk sinergi antar lembaga demi memajukan para pelaku UMKM.

"Kami komit mendampingi para UMKM khususnya di Kota Sorong agar produk-produk UMKM Sorong mampu bersaing dengan produk dari daerah lainnya," tukas Irwansyah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat