androidvodic.com

Bantah Pernyataan Apple Soal Ketidakjelasan Asal-usul Bahan Baku, Begini Tanggapan PT Timah Tbk - News

Laporann Wartawan Tribun Network, Willy Widianto

News, JAKARTA - PT Timah Tbk membantah sinyalemen Apple Inch., yang menuding produk timah di Indonesia tidak jelas asal usulnya. Ketidakjelasan asal-usul bahan baku timah tersebut oleh Apple dijadikan alasan batal berinvestasi di Indonesia.

Direktur Operasional PT Timah Indonesia TBK(Tins), Purwoko Sudarno menegaskan bahwa biji dan produk PT Timah Tbk bisa dipercaya asal usulnya.

Purwoko menjelaskan, semua produk timah mulai proses eksplorasi, processing, peleburan lalu penjualan bisa ditracking jelas. "Itu bisa sampai ditrack di wilayah mana saja jelas ada IUP OP nya," kata Purwoko diPangkal Pinang, Bangka, Selasa (28/2/2023).

Wakil Kepala Unit Metalurgi PT Timah TBK, Kopdi Saragih mengatakan seluruh produk timah sudah diaudit oleh Responsible Minerals Initiative (RMI).

"Levelnya sudah hijau ada sebuah lembaga internasional yang ditunjuk RMI dan asosisasi perusahaan elektronik seluruh dunia," kata dia.

Senada dengan Purwoko, Kopdi Saragih juga kembali menegaskan bahwa asal usul seluruh produk timah bisa dipertanggungjawabkan. Sebab, seluruh produk timah memiliki dokumen yang jelas.

"Ada dokumen yang bisa ditracking sampai ke end customernya. Siapapun bisa tinggal tunjukin, dieksplorasi kapan, diekspor pakai kapal apa, biji timah yang didapatkan dari mitra yang mana, semua bisa ditrace," kata Kopdi.

Baca juga: Apple Diprediksi Belum Akan Luncurkan iPad Lipat di 2024

Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves, Septian Hario Seto sebelumnya menyebut alasan Apple enggan membangun pabrik di Indonesia karena asal usul bahan baku produk timah di Indonesia tidak jelas.

Baca juga: Apple Batalkan Peluncuran iPhone SE 4 Gara-gara Lonjakan Harga Material

Dia juga mengatakan tata kelola timah saat ini harus dibenahi. Kalau tidak kata dia program pemerintah mengenai hilirisasi tidak akan berjalan dengan baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat