androidvodic.com

OJK Fokus Recovery Dana Nasabah Pasca Tutup Asuransi Kresna Life - News

News, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kini fokus pada upaya pengembalian dana nasabah pasca keputusan mencabut izin usaha perusahaan asuransi jiwa PT Asuransi Jiwa Kresna atau Kresna Life pada Jumat (23/6/2023) lalu.

Kepala Eksekutif Pengawas IKNB, Ogi Prastomiyono mengatakan, tim likuidasi Kresna LIfe akan mengelompokkan nasabah yang sudah menjadi kreditur atau nasabah yang masih menjadi pemegang polis untuk dikaji lebih lanjut.

"Mengenai pemegang polis yang sudah tanda tangan, akan dikaji oleh tim likuidasi. Apakah sudah efektif jadi pinjaman subordinasi (SOL) atau belum. Kami akan monitor hal tersebut," ujar Ogi, Jumat, (23/6).Se

Dalam keputusan penutupan izin usaha Kresna Life, OJK memerintahkan Kresna Life menghentikan kegiatan usahanya serta segera menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dengan agenda pembubaran badan hukum.

OJK juga memerintahkan membentuk Tim Likuidasi paling lambat 30 hari sejak pencabutan izin usaha Kresna Life. Sekarang fokusnya adalah pengembalian dana nasabah.

Ogi mengaku, pihaknya telah menerima dokumen konversi dari klaim polis menjadi SOL, namun dokumen tersebut belum diakta-notariskan.

Setelah pencabutan izin usaha ini, tim likuidasi Kresna Life nantinya akan menentukan pempol yang terdaftar secara resmi dan legal di perusahaan. Tim likuidasi juga bertugas untuk mendata aset yang dimiliki dan bisa dijual untuk melancarkan pembayaran hak para pemegang polis.

Baca juga: OJK Suntik Mati Asuransi Kresna Life

"Satu hal yang perlu dilengkapi, dalam upaya OJK menggunakan kewenangannya untuk perlindungan konsumen, kami sudah mengeluarkan perintah tertulis kepada PT Duta Makmur Sejahtera, Pemegang Saham Pengendali (PSP), Direksi dan Komisaris untuk bersama-sama mengganti kerugian Kresna Life," kata dia.

Salah satu nasabah Santy menganggap batalnya perjanjian SOL karena belum diaktanotarialkan sehingga tak dianggap sah oleh OJK. Oleh karena itu, nasabah yang menandatangani SOL tetap sebagai kreditur preferen.

Baca juga: Dilarang Beroperasi, Kresna Life Diminta Kembalikan Uang Nasabah

"Menurut saya pribadi, akta notarial itu syarat dari OJK. Bagaimanapun jika seseorang sudah tanda tangan di atas materai, itu tergantung pihak satunya untuk mengesahkan perjanjian tersebut menjadi perjanjian perdata dengan atau tanpa akta notarial. Tentu hal ini akan menguji iktikad baik AJK," kata Santy kepada Kontan.co.id, Minggu (25/6).

Santy beranggapan dengan peringatan tertulis kepada Pemegang Saham Pengendali (PSP) dan direksi untuk ganti rugi, logikanya wajar saja makin rendah nilai kerugian maka makin kecil kewajiban ganti rugi. Menurutnya, yang bisa memperkecil nilai kerugian, yakni jika perjanjian SOL disahkan.

Hal ini nantinya akan menjadi kewenangan tim likuidasi, yang mana akan ditunjuk oleh pemegang saham.

Baca juga: Rugikan Nasabah, PKPU Kresna Life Dinilai Cacat Hukum

"Intinya, menurut saya OJK saat ini berjalan di koridor undang-undang. Banyak nasabah yang skeptis seolah-olah OJK tetap tidak punya solusi untuk mengembalikan uang nasabah. Dan memang masih perlu dibuktikan apakah mereka akan membuat terobosan hukum mengembalikan dana nasabah. Soalnya sudah ada PP Nomor 5 Tahun 2023," ujarnya.

Baca Juga: Pencabutan Izin Menjadi Akhir Cerita Panjang Permasalahan Kresna Life

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat