androidvodic.com

ART Cardboard Aftertife, Kurangi Limbah Kardus Pabrik Jadi Furnitur - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA – Perusahaan elektronik Panasonic menggagas kampanye ART Cardboard Afterlife untuk menanggulangi limbah pabrik pada proses produksinya menjadi barang-barang yang bernilai guna seperti furnitur, dekorasi, mainan dan lain-lain.

Kampanye yang diluncurkan sejak 1 Agustyus 2023 melalui microsite ini bertujuan untuk memberikan kontribusi perusahaan dalam menjaga dan melestarikan bumi menjadi lebih baik dengan cara mengubah limbah kardus produk Panasonic menjadi barang-barang bermanfaat dan bernilai seni sejalan dengan visi lingkungan Panasonic Group untuk berkontribusi pada masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan.

President Director PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) Keisuke Nakagawa mengatakan, kampanye ART Cardboard Afterlife bukan hanya tentang menghasilkan karya seni dan barang bermanfaat, tetapi juga tentang membentuk kesadaran dan perubahan perilaku dalam mengelola limbah secara bertanggung jawab.

Baca juga: Perguruan Tinggi Berperan Cari Solusi Mengurangi Limbah Makanan

“Sebagai bagian dari komitmen dan visi kami untuk lingkungan yang tercantum dalam Panasonic GREEN IMPACT, Panasonic ingin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pengelolaan limbah dan cara-cara yang tepat dalam mendaur ulang barang-barang elektronik," ujarnya

Microsite ART Cardboard Afterlife berisi contoh-contoh dari reduce & recycling kardus Panasonic, sehingga bisa menginspirasi keluarga Indonesia dirumah dan sarana edukasi generasi muda dalam membuat karya kreatif menggunakan kardus Panasonic.

Sebelumnya, kampanye ini sudah dilakukan oleh karyawan Panasonic di pergelaran internal karya ART Cardboard Afterlife dengan membuat beragam karya hasil kreativitas masing-masing seperti action figure, TIXI puzzle, miniature kapal, hingga miniature kerangka dinousaurus yang nantinya akan diunggah ke microsite ART Cardboard Afterlife.

Head of Communications PT Panasonic Gobel Indonesia Viya Arsawireja menambahkan, kampanye ART Cardboard Afterlife ini juga akan melibatkan masyarakat dalam proses daur ulang dan pengurangan limbah elektronik.

Karena, mulai 1 Agustus 2023 di kemasan produk-produk Panasonic terdapat QR Code yang berisi panduan memanfaatkan kardus tersebut menjadi barang yang memiliki nilai dan manfaat lebih seperti pembuatan kotak alas tulis/lampu hias dari kardus indoor AC, sampai rak sepatu dari kardus kipas angin.

Daniel Suhardiman, Vice President Director PT Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI menambahkan, saat ini setiap kardus Panasonic pada dasarnya bisa di daur ulang, namun penerapan QR code di kardus Panasonic akan dilakukan secara bertahap.

"Karena itu, kami berharap kampanye ini akan terus berlanjut agar Panasonic semakin bisa membuktikan bahwa dengan memanfaatkan kreativitas dan teknologi terdepan, limbah dapat menjadi sumber inspirasi dan potensi kreatif jika ditangani dengan bijaksana," kata Daniel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat