androidvodic.com

Kemenko Marves RI: Indonesia Miliki Potensi Pasar yang Besar dalam Industri Kecantikan - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Indonesia punya peluang cukup besar di dalam industri kecantikan.

Hal ini diungkapkan oleh Asisten Deputi SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves RI, Hermin Esti Setyowati dalam konferensi pers virtual Indo Beauty Expo 2023.

"Indonesia miliki potensi pasar yang besar dalam industri kecantikan. Tingginya permintaan masyarakat terhadap produk kosmetik ini perlu diimbangi dengan kesiapan dari sisi penyediaan," ungkapnya pada konferensi pers virtual, Senin (18/9/2023).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, industri kosmetik yang meliputi sektor industri farmasi, kimia dan obat tradisional mengalami pertumbuhan mencapai 9,61 persen di tahun 2021.

Di sisi lain, berdasar data Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada 2022, industri kosmetik mengalami kenaikan jumlah pelaku usaha hingga 20,6 persen.

Baca juga: Kemenko Marves dan AstraZeneca Inisiasi Transformasi Sektor Kesehatan Menuju Nol Karbon

"Bahkan peningkatan jumlah pelaku usaha di industri kosmetik tersebut didominasi oleh sektor UMKM sebanyak 83 persen," kata Esti.

Selain itu, produk kosmetik menjadi kategori dengan izin edar terbanyak di Indonesia, yaitu dalam lima tahun terakhir sejumlah 411.410 produk.

"Pasar kosmetik di Indonesia pada tahun 2021 mencapai USD 6,3 milliar USD atau sekitar Rp 98 triliun. Luar biasa ya sumbangsih kosmetik di Indonesia. Jadi semua ini bukti kita yakin akan kualitas dan potensi produk Indonesia di pasar global," paparnya.

Lebih lanjut, Esti berpendapat jika penyelenggaraan Indo Beauty Expo 2023, kolaborasi antara Krista Exhibitions dengan Korea International Exhibitions and Convention Center (KINTEX) merupakan momen yang tepat.

"Acara ini merupakan suatu momen untuk merayakan ketangguhan dan industri kecantikan di Indonesia," tegasnya.

Sebagai informasi, pameran Internasional ke-13 tentang Kosmetik, Perawatan Kulit, Produk Wewangian dan Rambut, Peralatan dan Teknologi Pengemasan dan Korea Beauty Expo Indonesia/K-Beauty Expo Indonesia 2023 akan diselenggarakan tiga hari.

Baca juga: Menko Marves Luhut: Elon Musk Sepakati Investasi Starlink ke Indonesia

Yaitu pada 21- 23 September 2023 di Jakarta International Expo (JIEXPO), Kemayoran, Jakarta.

Pameran ini juga diselenggarakan bersamaan dengan Indohealthcare Expo 2023 - Pameran Internasional ke-14 Peralatan Medis dan Rumah Sakit, Farmasi, Produk dan Layanan Kesehatan.

Chief Executive Officer (CEO) Krista Exhibitions, Daud D Salim ungkap akan ada 200 peserta dari enam negara pada acara ini.

Selain ada pameran acara Indo Beauty Expo 2023 akan diisi dengan demo hingga business matching yang sudah diatur bersama antara penyedia dan pembeli.

"Tahun ini mengalami peningkatan dalam jumlah peserta, dibandingkan tahun lalu setelah pandemi. Meningkat 25 persen ikutsertaan peserta dibandingkan 2022," tutupnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat