androidvodic.com

Bandara VVIP IKN Sudah Finalisasi Gambar, Menhub: November Mulai Konstruksi - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi menyatakan, lokasi pembangunan Bandara Very Very Important Person (VVIP) di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah ditetapkan dan memasuki finalisasi gambar.

Menhub bilang, proses tender untuk proyek tersebut jug bakal dimulai. Hal itu dia sampaikan saat mengecek progres pembangunan Bandara VVIP di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

"Kita rencanakan 1 November 2023 sudah mulai konstruksi dan diharapkan selesai pertengahan Juli 2024," ujarnya, Minggu (24/9/2023).

Menhub Budi menjelaskan, terminal Bandara VVIP IKN dibangun diatas lahan seluas 7000 m2 dengan VVIP ± 1500 m2.

Bandara VVIP IKN juga memiliki runway 3000 x 45 meter dan mampu didarati pesawat berbadan besar jenis Boeing 777-300 ER dan Airbus A380.

Adapun kapasitas apron mampu menampung 3 pesawat berbadan besar (Wide Body) ditambah 1 pesawat berbadan kecil (Narrow Body) atau 7 pesawat berbadan kecil (Narrow Body) serta kapasitas helipad menampung 3 (tiga) helikopter.

"Beberapa hal yang menjadi catatan dari Bapak Presiden Jokowi terkait Bandara VVIP ini yaitu memadukan unsur kearifan lokal dan modern, serta harus ramah lingkungan. Dalam membangun bandara, kita tidak perlu melakukan cut and fill sehingga gunung, danau, dan alam sekitar masih terjaga dengan baik," ujarnya.

Baca juga: Presiden Minta Ada Groundbreaking Proyek Baru Setiap Bulan di IKN, Hotel Kedua Dibangun Bulan Depan

Selain itu, Menhub Budi menegaskan bahwa IKN adalah kota masa depan yang akan menjadi contoh kota-kota lain di Indonesia, karenanya aksesibilitas dan konektivitas antar titik harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

"Bandara terletak sekitar 15 Km dari pusat IKN dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit,” tuturnya.

Sementara itu, unsur kearifan lokal yang ditonjolkan dalam desain terminal bandara diantaranya nuansa Rumah Panjang, Burung Rangkok, dan lukisan garis lengkung khas Kalimantan.

Baca juga: Ajak Presiden Jokowi Joget di IKN, Artis Kena Marah Paspampres, Netizen Bereaksi 

Rumah Panjang merupakan rumah khas suku Dayak di Kalimantan dan akan ditonjolkan pada bangunan bandara dan pelabuhan.

"Kedua, burung rangkong merupakan burung endemik khas Kalimantan. Ketiga, lukisan atau garis-garis melengkung khas Kalimantan akan ditampilkan secara modern pada Bandara dan pelabuhan," terangnya.

Selain mengecek progres pembangunan Bandara VVIP, Menhub Budi juga meninjau bakal lokasi pembangunan pelabuhan wisata di IKN.

Dia berharap pelabuhan wisata di IKN menjadi destinasi wisata baru yang menampilkan keindahan alamnya.

"Sejumlah daerah di Kalimantan kota yang memiliki banyak air dan mangrove, kita akan bangun satu pelabuhan wisata yang bisa mempertontonkan atau menunjukkan wisata alam Balikpapan, sama indahnya dengan destinasi yang lain," ungkapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat