androidvodic.com

ASDP Tingkatkan Kapasitas Dermaga Gilimanuk Jelang Natal dan Tahun Baru - News

Laporan wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) tengah meningkatkan kapasitas dermaga Gilimanuk sebagai bentuk persiapan angkutan penyeberangan periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan, saat ini proyek peningkatan kapasitas dermaga IV di Pelabuhan Gilimanuk telah mencapai 19,06 persen.

"Pembangunan ditargetkan selesai pada 14 Desember 2023, sehingga dapat difungsikan untuk melayani masa angkutan Natal dan Tahun Baru," ujar Ira Puspadewi dalam keterangannya, Rabu (27/9/2023).

Baca juga: ASDP Kolaborasi dengan Darwinbox Tingkatkan Keunggulan SDM di Sektor Maritim

Dikatakan Ira, manfaat dari peningkatan kapasitas tersebut adalah kapal yang dapat sandar di dermaga lebih besar dari 500 menjadi 2000 GT. Sehingga kapasitas muat lebih besar.

"Diharapkan dapat mengurangi kemacetan pada saat peak season atau event tertentu," ungkapnya.

Adapun panjang dermaga juga akan ditambahkan dari 24 meter menjadi 75 meter dan trestle dari 25 meter menjadi 75 meter dengan fasilitas yang mencakup 3 unit Mooring Dolphin dan 5 unit bolder.

"Peningkatan infrastruktur dermaga ini akan mampu mendukung pertumbuhan sektor perhubungan, ekonomi, dan pariwisata di wilayah Gilimanuk," ucap dia.

"Proyek ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah dan ASDP dalam memperkuat infrastruktur pelabuhan nasional," sambungnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat