androidvodic.com

Menhub akan Tata Ulang Rute Angkutan Feeder LRT Palembang, Ada Penambahan Tiga Titik Baru - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau layanan angkutan massal di kota Palembang, Sumatera Selatan.

Dalam tinjauannya, Budi terus mendorong optimalisasi layanan angkutan pengumpan (feeder) LRT yang akan hadir di wilayah yang belum terlayani, dalam rangka memaksimalkan muatan penumpang.

Ia mengatakan akan melakukan rerouting (menata ulang rute) angkutan feeder LRT.

Baca juga: LRT Jabodebek Layani 1,86 Juta Orang Hingga 8 Oktober 2023, Ratusan Barang Tertinggal Diamankan

Layanan feeder juga diupayakan akan hadir di tiga tempat yang sebelumnya tidak dilayani yaitu di Plaju, Sekip dan Bumi Sriwijaya.

"Titik-titik itu merupakan yang konsentrasi penduduknya banyak," kata Budi dalam keterangannya, Sabtu (14/10/2023).

Menurut dia, rute feeder akan terus ditingkatkan pelayanannya. Sebab, ia memandang sekarang ini feeder itu relatif terlalu jauh, sehingga waktu tempuh dari satu titik ke titik lain terlalu lama.

"Oleh karenanya kita akan membuat feeder-feeder ini fokus untuk mengoptimalkan pelayanan LRT. Nanti rutenya bisa bertambah, tetapi juga bisa menghilangkan rute yang tidak maksimal," ujar Budi.

Baca juga: Antrean Mengular di Area Pintu Keluar Parkir Stasiun LRT Jatimulya, Begini Penjelasan Pengelola

Ia menambahkan, Palembang merupakan kota yang memiliki angkutan umum massal yang lengkap, sehingga ia ingin masyarakatnya sehari-hari menggunakan angkutan umum massal dan meninggalkan kendaraan pribadi.

Sementara itu, Pj. Gubernur Sumsel Agus Fatoni menyatakan masyarakat Sumsel perlu bersyukur pemerintah baik pusat maupun daerah memberikan atensi terhadap pembangunan transportasi ini.

Sehingga, ini akan memudahkan masyarakat melakukan aktivitas dan juga mendorong perekonomian yang ada di Sumsel.

Baca juga: Tarif Terbaru LRT Jabodebek Berlaku Hari Ini, Mulai dari Rp 3 Ribu hingga Rp 20 Ribu

Ia pun turut mengajak masyarakat Sumsel untuk menggunakan angkutan umum.

"Mari kita satukan langkah kita untuk mewujudkan transportasi publik lebih baik yang Alhamdulillah didukung oleh pemerintah pusat, dan kita harus melakukan kegiatan-kegiatan dengan mengutamakan dengan transportasi publik yang telah dibangun," kata Agus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat