androidvodic.com

Pembangunan MRT Jakarta Fase 2A Baru 27 Persen, Kemenhub Pastikan Rampung Sesuai Target - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Direktur Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan Risal Wasal memastikan, pembangunan proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta Fase 2A bakal berjalan sesuai rencana.

Menurut Risal, progres pembangunan tersebut saat ini sudah mencapai 27,27 persen.

"Melihat kondisi progres hari ini, kami sangat optimis MRT Jakarta Fase 2A, sudah bisa dioperasikan secara bertahap pada 2027 hingga 2029," ujar Risal dalam keterangannya, dikutip Jumat (27/10/2023).

Terkait dengan pelaksanaan proyek pembangunan, Risal mengakui bahwa proyek MRT Jakarta Fase 2 ini memiliki tantangan yang tidak mudah yaitu ditemukannya artefak bersejarah.

"Meski relatif pendek, Fase 2A ini cukup rumit sebab memiliki kondisi geografis yang lebih menantang dan banyak ditemukan artefak-artefak bersejarah serta benda-benda cagar budaya," ungkapnya.

Di satu sisi, Risal juga menyoroti penanganan limbah khusus dalam proyek pembangunan MRT Jakarta Fase 2A ini. Bahkan menurutnya perlu dilakukan transfer ilmu terkait penanganan limbah tanah dan konstruksi terowongan underground agar tidak memberikan dampak kepada lingkungan sekitar.

"Penanganan pekerjaan terowongan tersebut dapat digunakan dalam pekerjaan sejenis pada project perkeretaapian ke depan seperti LRT Bali dan Urban Transport di IKN," ungkap Risal.

Di samping itu, Risal juga menyebut bahwa mitigasi dan tanggap darurat banjir yang dilakukan selama pembangunan MRT Jakarta juga perlu dicontoh oleh pelaksana proyek perkeretaapian lainnya.

Baca juga: Jadwal MRT Jakarta Selama Penyelenggaraan KTT ASEAN 2023

Setelah pekerjaan MRT Jakarta Fase 2A ini dirampungkan, akan dilanjutkan dengan Fase 2B yang membentang dari kawasan Kota Tua menuju kawasan Ancol.

"Kami berharap proyek ini dapat selesai tepat waktu agar dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat," tegasnya.

Sebagai informasi, proyek MRT Jakarta Fase 2A terbagi menjadi ruas pekerjaan, mencakup CP201 (Bundaran HI - Harmoni) dengan progres 63,36 persen, CP202 (Harmoni - Mangga Besar) dengan progres 20,72 persen, dan CP203 (Mangga Besar - Kota) dengan progres 40,09 persen. Total panjang keseluruhan proyek ini mencapai 5,8 km dari Bundaran HI menuju Kota.

Baca juga: Mau Kembangkan Kawasan TOD, MRT Jakarta Jajaki Kerjasama dengan Malaysia

Adapun jumlah stasiun yang akan dibangun pada proyek MRT Jakarta Fase 2A mencapai 7 stasiun. Ketujuh stasiun tersebut terdiri dari Stasiun Thamrin, Stasiun Monas (CP201), Stasiun Harmoni, Stasiun Sawah Besar, Stasiun Mangga Besar (CP202), Stasiun Glodok, dan Stasiun Kota (CP203) dengan jarak antar stasiun sekitar 0,6-1 km.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat