androidvodic.com

SUV Listrik Konsep Lexus LF-ZL Curi Perhatian di Japan Mobility Show 2023, Apa Keunggulannya? - News

Laporan Wartawan News, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, TOKYO – Lexus resmi memperkenalkan konsep SUV listrik masa depan di ajang Japan Mobility Show 2023.

Produsen mobil asal Jepang itu memberi nama Lexus LF-ZL untuk konsep SUV listrik terbarunya.

Moniker LF adalah singkatan dari Lexus Future dan telah digunakan untuk serangkaian mobil konsep dalam beberapa tahun terakhir.

Lantas bagaimana detail dari SUV listrik tersebut ?

Platform dan Desain Lexus LF-ZL

SUV listrik LF-ZL menampilkan bentuk dan identitas baru untuk merek tersebut.

Baca juga: Sensasi Jadi Penumpang Mobil Sultan Ramah Lingkungan Lexus LM 350h 4-Seater Hybrid

Terdapat gril yang didesain ulang, namun bodi mobilnya berbentuk SUV ramping, dengan kap mesin yang panjang dan area kabin yang besar dan membulat hingga bagian belakang yang sangat pendek.

LF-ZL memiliki panjang 5.300 mm, jauh lebih panjang dibandingkan MPV mewah Lexus LM terbaru. Konsep baru ini juga memiliki lebar 2.200mm dan tinggi 1.700mm, dengan wheelbase besar 3.350mm untuk memaksimalkan ruang interior.

Sama dengan LF-ZC dan konsep Toyota yang diluncurkan di Tokyo Motor Show, LF-ZL menggunakan arsitektur listrik modular generasi berikutnya dari Toyota, yang dimaksudkan untuk menawarkan fleksibilitas signifikan dalam ukuran, bentuk, dan tata letak powertrain kendaraan berbasis di atasnya.

Interior dan Fitur Lexus LF-ZL

Bagian depan kabin dilengkapi dashboard yang berfokus pada pengemudi dengan steering yoke, menandakan penggunaan sistem steer-by-wire Lexus dan terdapat dua panel kontrol digital di kedua sisinya.

Panel kiri digunakan untuk mengontrol sistem utama mobil seperti mode berkendara dan bantuan pengemudi serta sistem keselamatan, sedangkan panel kanan mengontrol infotainment dan ventilasi, serta fitur lainnya.

Penumpang mendapat layar sentuh infotainment besar untuk mengakses fungsi-fungsi utama mobil. Dua kursi belakang tampak menyatu dengan body mobil dan berbentuk kursi santai lengkap dengan sandaran kaki pop-out.

Jangkauan dan Powertrain Lexus LF-ZL

Konsep baru ini menampilkan sel baterai prismatik generasi berikutnya yang dikombinasikan dengan peningkatan efisiensi energi, dimaksudkan untuk menawarkan kira-kira dua kali jangkauan BEV konvensional dengan jarak tempuh sekitar 960 km untuk LF-ZL.

Lexus juga mengonfirmasi LF-ZC yang lebih kecil akan menawarkan jangkauan 1.000 km dalam bentuk produksi dan varian dengan jangkauan lebih rendah juga akan tersedia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat