androidvodic.com

BPKP Ingatkan Kemenhan dan TNI Pentingnya Pengawasan Internal Organisasi - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Sekretaris Utama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Ernadhi Sudarmanto mengatakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Manajemen Risiko, dan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) punya peran krusial untuk meningkatkan tata kelola organisasi.

Menurutnya, pengendalian internal yang baik, dapat memastikan setiap langkah sesuai aturan dan regulasi yang berlaku.

Hal ini disampaikan Ernadhi dalam acara Penyerahan Hasil Evaluasi Maturitas SPIP dan APIP di Lingkungan Kementerian Pertahanan dan TNI di Kantor BPKP, Jakarta Timur, Selasa (12/12/2023).

"Ini menciptakan lingkungan yang sehat dan dapat diandalkan bagi setiap organisasi, termasuk Kementerian Pertahanan dan Tentara Nasional Indonesia," kata Ernadhi.

Ernadhi menuturkan manajemen risiko diperlukan dalam menghadapi dinamika dunia, mengantisipasi tantangan, hingga mengoptimalkan peluang.

Apalagi di pertengahan tahun ini telah terbit Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2023 tentang Manajemen Risiko Pembangunan Nasional (MRPN).

"Sejak 16 Juni 2023 dan diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan pencapaian sasaran Pembangunan nasional, meningkatkan kualitas tata kelola penyelenggaraan negara, dan meningkatkan efektivitas sistem pengendalian intern dan berkembangnya inovasi pelayanan public," ungkapnya.

Baca juga: Menkeu Sri Mulyani Bakal Lunasi Utang Pemerintah Rp 16 Triliun ke Bulog Setelah Diaudit BPKP

Dia menyebut, dalam setiap organisasi modern, peran aparat pengawas internal ialah memberikan jaminan bahwa segala aktivitas organisasi berjalan sesuai dengan standar etika dan integritas.

Inspektur Jenderal TNI Marinir Suhartono mengatakan APIP berperan penting dalam mengawal dan meningkatkan kinerja organisasi.

Baca juga: Auditor BPKP Ungkap Proyek Tower BTS 4G BAKTI Kominfo Sudah Dicurangi Sejak Tahap Perencanaan

Apalagi, TNI akan berfokus pada pengelolaan sumber daya manusia, praktek professional, akuntabilitas dan manajemen kinerja, budaya hubungan organisasi, struktur dan tata Kelola serta aktivitas pengendalian dan kualitas pengawasan.

"APIP memiliki peran strategis dalam menunjang dan memperkuat efektivitas sistem pengendalian intern guna mewujudkan pemerintah yang efektif, efisien, dan akuntabel," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat