androidvodic.com

Tungku Smelter Meledak, Belasan Orang Tewas, Serikat Buruh Dorong Polri Periksa Pimpinan PT ITSS - News

Laporan Wartawan News, Dennis Destryawan

News, JAKARTA - Serikat buruh mendorong aparat kepolisian untuk segera melakukan proses hukum terhadap pimpinan perusahaan PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS).

Presiden Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia Mirah Sumirat menduga ada pelanggaran ketentuan kesehatan dan keselamatan kerja di PT ITSS sehingga terjadi ledakan tungku smelter di Morowali, Sulteng.

"Pihak kepolisian segera proses hukum pimpinan perusahaan PT ITSS," ujar Mirah saat dihubungi Tribunnews, Rabu (27/12/2023).

Baca juga: Berkaca Kasus Ledakan Tungku PT ITSS, Komisi VII DPR Desak Pemerintah Audit Semua Smelter

Mirah menekankan, agar pimpinan perusahaan PT ITSS harus diproses secara hukum atas terjadinya tragedi kemanusiaan ini.

Selain itu, PT ITSS wajib bertanggung jawab kepada keluarganya, demi memastikan keluarga korban dapat melanjutkan kehidupannya setelah kehilangan kepala keluarga.

"Pengawasan yang lemah dan minimnya jumlah tenaga pengawas ketenagakerjaan adalah persoalan klasik yang tidak pernah diselesaikan oleh Pemerintah," kata Mirah.

Ia merasa prihatin dengan jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan kerja di PT ITSS di Morowali terus bertambah. Hingga Rabu (27/12/2023) pagi total korban tewas tercatat sebanyak 19 orang.

"Melihat kondisi luka korban yang parah saya memperkirakan kemungkinan akan ada bertambah korban jiwa lagi," kata Mirah.

Baca juga: Update Ledakan Tungku di PT ITSS Morowali: Korban Bertambah 5 Orang, Kata Tim Investigasi Kemnaker

Sebelumnya, terjadi ledakan tungku smelter terjadi di PT ITSS, salah satu tenant yang beroperasi di kawasan PT IMIP. Kecelakaan kerja terjadi sekitar pukul 05.30 dan mengakibatkan 51 korban. Kini 19 korban di antaranya dilaporkan meninggal, sedangkan sisanya mengalami luka ringan dan berat.

Media Relations Head PT IMIP Dedy Kurniawan menyampaikan, insiden itu bermula dari kecelakaan yang dialami sejumlah pekerja saat melakukan perbaikan tungku dan pemasangan pada bagian tungku.

Berdasarkan hasil investigasi awal, ledakan diperkirakan terjadi karena di bagian bawah tungku masih terdapat cairan pemicu ledakan. Walhasil, ledakan terjadi saat perbaikan.

Tungku PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) meledak.
Tungku PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) meledak. (Ketua Exco Partai Buruh Kabupaten Morowali, Katsaing.)

Di lokasi juga terdapat banyak tabung oksigen yang digunakan untuk pengelasan dan pemotongan komponen tungku.

"Akibatnya, ledakan pertama memicu beberapa tabung oksigen di sekitar area ikut meledak," ujar Dedy melalui keterangan tertulisnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat