androidvodic.com

Partai Buruh Demo Kementerian Pertanian Gara-gara Impor Beras Sepihak - News

Laporan Wartawan News, Dennis Destryawan

News, JAKARTA - Partai Buruh menggelar aksi di depan kantor Kementerian Pertanian di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan, memprotes keputusan impor beras, yang dinilai merugikan petani, Jumat (19/1/2024).

"Pemerintah mengabaikan nasib petani padi karena impor beras pasti berdampak langsung kepada penurunan harga gabah petani di masa panen raya hingga Mei-Juni 2024," kata Presiden Partai Buruh Said Iqbal.

Berdasarkan data Serikat Petani Indonesia (SPI), impor beras 2024 yang mulai diwacanakan sejak tahun lalu, sudah berdampak pada harga gabah petani.

Sebelumnya gabah dihargai dalam rentang Rp. 7.000-8.600 per kg, kemudian menjadi Rp.6.000-an per kg pada awal Januari 2024 ini.

Iqbal melanjutkan, klaim pemerintah yang menyatakan produksi beras turun tidak bisa dijadikan sebagai legitimasi bisa mengimpor beras begitu saja.

Demikian juga dengan penyediaan beras untuk bantuan sosial yang akan digulirkan sampai Juni 2024.

Karena meskipun impor dilakukan seperti yang terjadi dalam tiga tahun terakhir, harga beras ditingkat konsumen, terutama buruh dan kelas pekerja lainnya tetap tinggi, bahkan melampaui Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

"Sementara itu, impor pangan terkhusus beras seolah jadi keharusan meskipun produksi beras dalam negeri mencukupi. Hal ini dikarenakan aturan dalam Omnibuslaw UU Nomor 6 Tahun 2023 tentang Cipta Kerja. Karena itu Partai Buruh sangat anti terhadap UU CK!", ujar Iqbal.

Baca juga: Indonesia Defisit Beras Hingga 2,8 Juta Ton Pada Awal 2024, Pemerintah Atasi Lewat Impor

Berdasarkan itu, Partai Buruh, SPI, dan organisasi kelas pekerja lainnya menggelar massa aksi menolak impor beras pada hari Jumat 19 Januari 2024 di Kementerian Pertanian dan Badan Pangan Nasional.

Sebelumnya, Pemerintah memang mengumumkan akan kembali mengimpor beras dengan kuota sebesar 3 juta ton sepanjang tahun 2024. Sebagian beras impor atau sekitar 2 juta ton ditargetkan datang pada Maret 2024.

Baca juga: Impor Beras Indonesia Tahun 2023 Melonjak 6 Kali Lipat, Tembus 3,06 Juta Ton

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Badan Pangan Nasional, dan Perum Bulog mengklaim impor beras dilakukan di tahun politik ini untuk mencukupi Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dan keperluan Bantuan Sosial.

Padahal bulan Maret, April, dan Mei 2024 merupakan musim panen raya petani padi. Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa dalam 5 tahun terakhir, impor beras tahun 2023 merupakan yang terbesar yakni sebesar 3,06 juta ton, meningkat sebesar 613,61 persen dibandingkan tahun 2022.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat