androidvodic.com

Bappebti Lelet Tangani Aduan Masyarakat, Ombudsman: Mencari Keadilan Ternyata Lama, Butuh 600 Hari! - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Anggota Ombudsman RI Yeka Hendra Fatika menilai Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) terlalu lamban memproses setiap aduan masyarakat yang masuk ke lembaga tersebut, berdasarkan hasil monitoring yang mereka lakukan.

Yeka mengungkap, Bappebti butuh waktu 600 hari atau hampir 2 tahun untuk memproses aduan masyarakat yang masuk.

"Ini laporan masyarakat yang melapor ini rata-rata sudah ditangani hampir 600 hari," kata Yeka dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Selatan, Jumat (26/1/2024).

"Jadi, ada yang 400 mendekati 500 hari, ada yang hampir 600 hari, 300 hari. Penanganannya lama," lanjutnya.

Ia mengatakan, hari ini untuk mencari keadilan di Republik Indonesia terkait dengan perdagangan berjangka komoditi ini, ternyata lama.

Menurut dia, seharusnya Bappebti bisa lebih cepat lagi dalam memproses aduan dari masyarakat. Terlebih, ada kerugian materiel di sini.

Ombudsman mencatat, 25 laporan mengenai dugaan tindak pidana kegiatan perdagangan berjangka komoditi yang pihaknya terima dan tindaklanjuti, menimbulkan kerugian materiel hingga Rp 68,5 miliar.

Yeka memandang, di balik kerugian materiel ini bisa saja ada peristiwa lain yang terjadi.

Baca juga: Ombudsman RI Endus Tindak Pidana Perdagangan Berjanga Komoditi, Nilai Kerugian Rp 68,5 Miliar

"Di balik kerugian materiel ini ada perisitwa shock mengakibatkan orang tuanya akhirnya meninggal dunia. Di balik kerugian materiel ini ada perceraian karena sang suami tidak melaporkan menggunakan uang istri atau tabungan keluarganya, sehingga anaknya tidak bisa sekolah," ujar Yeka.

"Di balik kerugian ini ada masyarakat yang malu, merasa dibodoohi padahal dia adalah orang pintar, tapi terbujuk (terlibat dalam perdagangan berjangka komoditi ini)," lanjutnya.

Baca juga: KPPU Endus Praktik Kartel Suku Bunga Pinjol di Perusahaan Fintech Anggota AFPI

Jadi, kata Yeka, di balik kerugian materiel ini ada kerugian imateriel yang sebetulnya menggugah hati dan perasaan.

"Kalau hati kita tertutup, maka saya mempertanyakan apakah memang kita masih bisa memberikan keadilan di sini?" kata Yeka.

Sebagai informasi, dalam kesempatan sama, Yeka turut mengungkap bahwa sepanjang 2021-2024, Ombudsman RI telah menerima 29 laporan aduan masyarakat terkait dengan dugaan tindak pidana kegaitan perdagangan berjangka komoditi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat