androidvodic.com

Faisal Basri Sebut Jokowi Gagal Sejahterakan Rakyat Gegara Makin Banyak Bansos, Perlu Dimakzulkan - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Ekonom senior INDEF (Institute for Development of Economics and Finance) Faisal Basri menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) gagal dalam menyejahterakan rakyat Indonesia.

Ia kemudian menyinggung soal bantuan sosial (bansos) yang digelontorkan Jokowi. Dia menyebut, bansos itu meningkat dari era SBY ke Jokowi, meningkat juga bila dibandingkan dengan masa pandemi Covid-19.

"Namanya bantuan sosial, artinya makin banyak orang yang bebannya berat. Jadi, Jokowi ternyata gagal menyejahterakan rakyat-rakyat Indonesia," kata Faisal dalam diskusi publik INDEF di Jakarta, Senin (5/2/2024).

Baca juga: Pakar Hukum Sebut Jokowi Telah Penuhi Syarat Pemakzulan, Buntut Ucapan Presiden Boleh Kampanye

Ia mengatakan, bukti Jokowi gagal menyejahterakan masyarakat karena terlihat makin banyak orang yang menerima bansos.

"Yang nganggur, yang di PHK, yang gagal panen, yang pupuknya kurang, dan sebagainya. Gagal Jokowi. Terbukti bahwa orang yang rentan hidupnya itu tidak turun, tercermin dari bansos yang naik terus," kata Faisal.

Faisal kemudian mengatakan cara bermain Jokowi ini jorok sekali. Maka dari itu, kata dia, perlu diantisipasi hal apalagi yang bisa dilakukan oleh Jokowi hingga Oktober nanti.

"Kalau perlu dimakzulkan segera karena beyond our imagination apa yang bisa dilakukannya. Kalau Prabowo menang juga belum tentu dilantik. Dia bikinlah keadaan darurat sehingga dia 3 periode," katanya.

Faisal turut mengungkap sebuah cerita di sidang kabinet, di mana Jokowi pernah marah karena angka kemiskinan naik.

Kata dia, di sidang kabinet tersebut Jokowi marah ke menteri-menteri ekonominya. Presiden meminta para menteri ekonomi berkoordinasi dengan BPS, mencari kapan waktu angka kemiskinan tersebut naik.

Baca juga: Ini Kata Surya Paloh soal Isu Pemakzulan Presiden Jokowi

Dari situ, Faisal menyebut Jokowi meminta untuk memberi bansos ketika angka kemiskinan itu naik.

"'Eh, menteri ekonomi, koordinasi dengan BPS. Kan ketahuan tuh BPS surveinya kapan. Nah, waktu survei itu, gelontorin bansos.' Nah, itu udah tabiat ini manusia," ujar Faisal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat