androidvodic.com

Asuransi Satelit Mencegah Risiko Sejak Peluncuran Sampai Mengorbit di Luar Angkasa - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Willy Widianto

News, JAKARTA - Infrastruktur telekomunikasi makin menjadi tulang punggung bagi kemajuan ekonomi dan sosial di Indonesia.

Namun, di balik jaringan dan kecepatan komunikasi yang saat ini dirasakan, terdapat teknologi pendukung yang penting, yaitu teknologi satelit. Satelit memainkan peran yang krusial dalam menyediakan konektivitas yang andal sehingga mampu menghubungkan seluruh negeri.

Risiko-risiko seperti kegagalan peluncuran, kerusakan selama operasi, atau bahkan risiko tanggung gugat yang dapat menghambat kelancaran misi satelit.

“Kehadiran asuransi satelit menjadi sangat penting, karena tidak hanya memberikan
perlindungan finansial terhadap risiko-risiko yang mungkin terjadi, tetapi juga memberikan kedamaian pikiran kepada pemangku kepentingan bahwa project yang dijalankan telah terjamin,” kata Sekretaris Perusahaan Asuransi Jasindo, Brilliant Gema dikutip Jumat (16/2/2024).

Dia menjelaskan, auransi satelit mampu memberikan stabilitas dan keberlanjutan bagi kemajuan industri telekomunikasi di Indonesia.

Dia mencontohkan, Asuransi Jasindo menyediakan bersifat komprehensif untuk berbagai perlindungan yang mencakup asuransi sebelum peluncuran, saat peluncuran dan saat sudah mengorbit di luar angkasa.

Asuransi sebelum peluncuran melndungi dari risiko kerusakan satelit atau komponennya mulai dari pabrik sampai ke lokasi peluncuran, melalui proses uji coba, pengisian bahan bakar, dan integrasi dengan roket peluncur hingga mesin roket menyala untuk meluncurkan satelit.

Baca juga: Geely Luncurkan 11 Satelit untuk Lancarkan Fitur Berkendara Otonom

Sementara, asuransi peluncuran menjamin kerugian selama proses peluncuran, mulai dari saat mesin roket menyala hingga satelit terpisah dari tahap akhir kendaraan peluncur.

Terakhir, asuransi dalam orbit menjamin kerugian atau kerusakan fisik yang mungkin terjadi pada satelit selama berada di orbit, seperti akibat tabrakan dengan obyek di sekitarnya, temperatur ekstrim, dan radiasi.

Baca juga: Intel Kiev: Rusia Gunakan Satelit Milik Elon Musk Perangi Ukraina

Di luar itu ada asuransi tanggung jawab hukum yang merupakan persyaratan wajib dari pemerintah di mana peluncuran satelit dilakukan, tanpa memandang kewarganegaraan satelit tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat