androidvodic.com

Kata Kemenko Perekonomian Soal Airlangga Hadiri Acara Simulasi Makan Siang Gratis di Tangerang - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau simulasi makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, Kamis (29/2/2024) pagi.

Merespon hal tersebut, Sekretaris Kemenko Bidang Perekonomian Susiwijono mengaku tak mengetahui soal kehadiran Menko Airlangga dalam acara tersebut.

Hanya saja, menyoal program makan siang gratis ini Susi mengaku pemerintah bakal mendukung. Terlebih hal tersebut merupakan program dari pemerintahan baru.

"Saya dari pagi kesini, belum ke kantor. Kalau itu kan program pemerintah baru pasti akan disupport. Cuman detailnya belum dibahas, karena masanya juga masih belum kan," ucap Susi kepada wartawan di Hotel Ritz-Carlton Pasifik Place, Kamis (29/2/2024).

Baca juga: Hadiri Simulasi Makan Siang Gratis, Menko Airlangga Enggan Dikaitkan dengan Program Prabowo-Gibran

Selain itu, Susi juga menjelaskan bahwa peta jalan dari program makan siang gratis ini menjadi tanggung jawab dari Kemenko Perekonomian.

Meskipun dalam prosesnya perlu ada persetujuan Menteri Keuangan dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional yang disusun melalui Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF).

"Kemarin sudah ada Kerangka Ekonomi Makro PPKF, PPKF yang bikin Menkeu dan Bappenas. PP nya bunyinya seperti apa? Menkeu dan Bappenas menyampaikan dulu ke pak Menko, pak Menko yang lapor ke pak Presiden di sidang kabinet paripurna kemarin. Kan UU nya begitu, tanggung jawabnya di pak Menko, namanya Menko Perekonomian," jelas dia.

Bahkan, Susi juga tak menampik bahwa program makan siang gratis itu bisa dilakukan. Hanya saja dia menegaskan bahwa anggaran program itu tak masuk dalam peta jalan Kemenko Perekonomian di tahun 2024.

"Sebenernya hampir semua program itu sumbernya bisa kita carikan bisa direalokasi, misalkan dari subsidi kompensasi kita review kembali mana yang tidak tepat sasaran, dan ruangnya tetap msh ada, cuman kan harus kita siapkan posturnya dari awal. Tapi mengenai angka awalnya kan pembahasan masih panjang," ungkapnya.

Sebagai informasi, pada Kamis (29/2) pagi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyambangi SMP Negeri 2 Curug Tangerang.

Sayangnya, Airlangga enggan dikaitkan dengan program Prabowo-Gibran dalam acara simulasi makan siang gratis itu.

Bahkan, ketika ditanya apakah kehadiran dirinya dalam simulasi makan siang gratis ini sebagai uji coba program Prabowo-Gibran, ia mengatakan hanya menghadiri undangan.

"Ini namanya undangan makan gratis. Kayak kantin bersih saja kan bukan program. Itu memang sekolah melakukan hal itu," katanya di lokasi, Kamis (29/2/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat